“KOIN BERHASIL MENGAPUNG DI TANGAN ANAK RUMAH GIAT”

KOIN BERHASIL MENGAPUNG DI TANGAN ANAK RUMAH GIATYOGYAKARTA. (26/01). Bagi anak-anak praktik sains itu menyenangkan. Pasalnya, di usia mereka yang masih penuh dengan beragam potensi, mengenalkan sains dengan melakukan percobaan adalah salah satu cara untuk membuat mereka mencintai sains.

Rencananya, kegiatan belajar sains akan rutin dilaksanakan tiap pekannya dengan tujuan untuk memotivasi anak untuk lebih mencintai Sains dan melakukan eksperimen-eksperimen menakjubkan. Percobaan sains kali ini berjudul “Koin Mengapung”. Mulanya, seorang instruktur Sains menyiapkan alat dan bahan lalu mendemonstrasikan cara percobaan dilakukan. Kemudian, siswa mencoba mempraktikkannya.

Alat dan bahan yang dibutuhkan sangat sederhana, yaitu sebuah piring, sebuah koin, selembar tisu, air, dan tusuk gigi. Siswa mulai memasukkan air ke dalam piring, lalu meletakkan tisu di atas air. Lalu, koin perlahan diletakkan di atas tisu yang telah berada di atas air. Perlahan-lahan, anak-anak mulai menggeser tisu dengan tusuk gigi. Setelah tisu tidak ada lagi di atas air, jika koin mengapung maka percobaan berhasil.

“Dua dari lima siswa yang melakukan percobaan telah berhasil membuat koin mengapung. Namun, tiga lainnya belum berhasil sehingga memacu semangat mereka untuk terus mencoba. Mereka begitu antusias dalam percobaan ini,” ucap Putri Mariana Sari, selaku project monev RZ.***

Newsroom/Diki Taufik
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi