KOPERASI SIMPAN PINJAM GEMBOL LESTARI 2 BANTU EKONOMI WARGA

PROBOLINGGO. (24/7) Rumah Zakat mendirikan koperasi simpan pinjam Gembol Lestari 2. Koperasi tersebut baru berdiri selama empat bulan yang diinisiasi oleh fasilitator Desa Berdaya Sepuh Gempol. Dengan usia pendirian yang masih seumur jagung, anggota koperasi tersebut baru beranggotakan 13 orang, 3 orang sebagai pengurus koperasi dan 10 anggota lainnya adalah kaum wanita single parent yang mempunyai usaha.

Meskipun baru berusia 4 bulan, keberadaan koperasi simpan pinjam Rumah Zakat sangat membantu keberlangsungan hidup anggotanya. “Modal saya untuk menjual sayur itu Rp. 100.000, tapi Cuma laku Rp. 85.000. Belum lagi waktu saya nanam sayur malem-malem ada yang nyuri. Alhamdulllah untung ada koperasi simpan pinjam Rumah Zakat untuk menambah modal, minjemnya gak ribet dan tanpa bunga,” ungkap Hambena, salah satu anggota Koperasi Simpan Pinjam Gembol Lestari 2.

Para anggota menyisihkan uang hasil usahanya untuk ditabung di koperasi, sekaligus sebagai tambahan modal pinjaman anggota. “Saat ini, anggota masih dibatasi dan lebih diutamakan adalah para ibu yang menjadi tulang punggung keluarga yang memiliki usaha. Harapannya, pada saat membayar cicilan bisa tertib dan tidak memberatkan lembaga. Tabungan tersebut akan diberikan kepada anggota saat menjelang hari raya idul fitri,” ungkap salah satu fasilitator Desa Berdaya.

Selama empat bulan ini, para anggota tertib membayar angsuran, hanya saja Ibu Maisa penjual makanan di kantin sekolah masih terhambat. Ia mempunyai tanggungan seorang puteri yang duduk di bangku SMA. Keterlambatan Ibu Maisa dikarenakan libur sekolah saat bulan Ramadhan, sehingga ia tidak mempunyai pemasukan.

Fasilitator Desa Berdaya, dibantu dengan ketiga pengurus koperasi inti bisa membantu dan mencarikan jalan keluar atas keterlambatan cicilan dari Ibu Maisa. Harapan ke depannya, koperasi simpan Pinjam Gembol Lestari 2 terdapat usaha bersama yang bisa menambah modal simpan pinjam, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat luas.

Newsroom/Dian Ekawati

Probolinggo

Tags :
Konfirmasi Donasi