KOPI DAN TEH HIJAU TURUNKAN RISIKO STROKE

kopi_rumah zakatSatu penelitian yang dilakukan di Jepang baru-baru ini menunjukkan bahwa kopi dan teh hijau juga bisa membantu menurunkan risiko terserang stroke. Penelitian yang dilaporkan MedicalDaily itu kembali menambah daftar manfaat dari kedua miuman tersebut. Sebelumnya para peneliti juga menemukan kalau kopi dan teh hijau diketahui memiliki efek yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan kanker.

Penulis utama penelitian dari Japan National Cardiovascular Center, Yoshihiro Kokuba, mengatakan studi ini tergolong unik karena terkait dengan penelitian sebelumnya. “Ini adalah studi skala besar pertama untuk menguji efek gabungan dari teh hijau dan kopi pada orang yang berisiko terserang stroke,” kata dia.

Para peneliti setuju bahwa antioksidan dalam teh hijau yang dikenal dengan sebutan catechins, mirip dengan antioksidan yang ditemukan dalam buah berry dan anggur merah. Mereka juga setuju bahwa bahan-bahan yang ditemukan dalam kopi seperti asam klorogenat dan kafein dapat memiliki efek yang dapat menurunkan risiko stroke pada penyandang diabetes tipe 2.

Metode penelitian dimodifikasi untuk memperhitungkan faktor seperti jenis kelamin, usia, berat badan, konsumsi alkohol, merokok, serta gaya hidup dari para responden. Studi ini juga menemukan bahwa peminum kopi dan teh hijau secara signifikan lebih banyak berolahraga, dibandingkan dengan orang yang bukan peminum kopi atau teh hijau.

 

Sumber : www.republika.co.id

Foto       : www.republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi