KORBAN BANJIR BONDOWOSO MEMBUTUHKAN AIR BERSIH

RZ LDKO CilegonBONDOWOSO (02/01). Hujan deras yang terjadi pada hari Sabtu, 31 Januari 2015 sejak pukul 13.00-17.45 WIB di daerah Bondowoso mengakibatkan banjir di Ds. Sempol, Ds. Kalisat, Ds. Kampungbaru dan Ds. Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso, Prov. Jawa Timur sejak pukul 15.30 WIB.

Di sekitar kecamatan Sempol air sempat menggenang hingga sedalam 70-80 cm. Warga sempat diungsikan ke lapangan Hasanudin, kec. Sempol. Korban terdampak banjir di Ds. Sempol sebanyak 8 Kepala Keluarga sedang di Ds. Kp.baru sebanyak 49 Kepala Keluarga. Akibat banjir ini, 2 rumah rusak berat dan 1 rumah hanyut di Ds. Sempol, dan 49 rumah rusak ringan di Ds. Kampung Baru.

Hari Selasa, 2 Februari 2014, Relawan RZ Jember melakukan assesment dilokasi banjir dan didapatkan kebutuhan yang urgent selain logistik adalah pipa paralon dengan diameter 3/4 inch sepanjang 1,2 km untuk saluran air bersih.

“Selama ini, warga mengambil air bersih dari mata air yang disalurkan melalui pipa-pipa, tapi pipa-pipa penyaluran itu sekarang sudah hanyut tersapu banjir.” Jelas Hassa Dyma, Project Officer Relawan RZ.

Saat ini, untuk kebutuhan air bersih warga Kecamatan Sempol mengambil air yang terbatas di Masjid/Musholla terdekat.

Newsroom/Ria Arianti
Bondowoso

Tags :
Konfirmasi Donasi