KOSAM LESTARI SEMAKIN DIMINATI WARGA TANJUNG

BLORA. (26/10) Kosam Lestari atau Koperasi Sampah Lestari di Desa Berdaya Tanjung RT 04 RW 01 Kec. Kedungtuban, Kab Blora, Jawa Tengah semakin diminati warga Desa Tanjung, pasalnya sejak Kosam Lestari di bentuk pada 29 September 2017 lalu jumlah nasabah koperasi semakin bertambah. Kini sudah 43 warga yang tercatat aktif menabung di Kosam Lestari.

Tak hanya ibu – ibu dan orang dewasa saja yang aktif menabung di koperasi ini, anak – anak pun ikut aktif dalam menabung di Kosam Lestari, selain mengajarkan tentang menabung hal ini juga mengajarkan anak – anak untuk peduli terhadap lingkungan.

“Menanamkan sejak dini pada anak kita perilaku untuk peduli lingkungan sekitar, agar tercipta keseimbangan dan kesinambungan alam dan sekaligus mengajarkan kepada anak-anak kita budaya berhemat serta rajin Menabung,” ujar Purwanto, Fasilitator Rumah Zakat.

Proses menabung di Kosam Lestari pun terbilang mudah, warga tinggal membawa sampah daur ulang, lalu ditimbang, dan nilai rupiah sampah akan di catat langsung ke dalam buku tabungan.

“Jika nilai tabungan para anggota koperasi minimal sudah mencapai Rp. 25.000 maka tabungan boleh diambil dengan menyisakan saldo Rp. 5000,” Tambah Purwanto.

Rendi (12) bersama beberapa temannya sudah mulai aktif menabung di Kosam Lestari, Rendi pun mengaku sangat antusias untuk menabung dan semakin peduli terhadap lingkungan.

“Semenjak saya menabung di Kosam Lestari, saya lebih peduli terhadap lingkungan dan saya sangat semangat mengumpulkan barang bekas untuk segera saya tabung agar saldo tabungan saya semakin banyak,” ucap Rendi penuh semangat.

Purwanto berharap semoga kelak anak – anak memiliki kepekaan sosial dan kepedulian tinggi terhadap lingkungan serta melatih anak-anak untuk produktif dan menghilangkan prilaku konsumtif.

Newsroom/ Lailatul Istikhomah
Blora

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi