KREATIF, BEGINI SD JUARA SEMARANG KEMAS PEMBELAJARAN DI KELAS

kreatif-begini-sd-juara-semarang-kemas-pembelajaran-di-kelasSEMARANG. Pada hari Rabu (05/10) siswa kelas 5 di SD Juara Semarang belajar kreatif dan mandiri dengan model pembelajaran dikemas dalam bentuk Lomba Cerdas Cermat IPA (LCC IPA). “Dari siswa oleh siswa untuk siswa”, artinya soal LCC dari siswa yang membacakannya, dibuat oleh siswa, dan diberikan untuk siswa.

Guru kelas hanya berperan memberikan arahan dan memotivasi siswa yang kesulitan menjawab. “Teknisnya: selama 10 menit sebelum LCC dimulai, siswa dibagi menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok membuat 10 pertanyaan tertulis beserta jawaban dengan materi yang berbeda dari kelompok lain.” tutur guru kelas 5. Setelah itu, setiap kelompok bergantian maju mempresentasikan pertanyaan yang telah dibuatnya dan dijawab oleh kelompok lain secara berebutan. Bagi kelompok yang bisa menjawabnya mereka mengangkat tangan.

“Nilai karakter yang diambil dari pelajaran ini adalah membiasakan agar siswa kreatif membuat pertanyaan dan melatih siswa belajar mandiri.” tambahnya. Dengan metode ini guru juga mampu mengevaluasi dan mengamati sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan.

Newsroom/Arif Rahman
Semarang

Tags :
Konfirmasi Donasi