KUBE RAJUT HIJAU SIDOMULYO BANTU TAMBAH PENDAPATAN PARA ANGGOTA

KULON PROGO. (26/09) Rumah Zakat bangun Kelompok Usaha Bersama (KUBE) ‘Rajut Hijau Sidomulyo’ di desa berdaya Sidomulyo Kecamatan Karangasem, Kelurahan Sidomulyo, Pengasih, Kulon Progo. Melalui fasilitator Desa beradaya Rumah Zakat untuk Sidomulyo Jeni Widiyatmoko, KUBE Rajut Hijau Sidomulyo secara efektif sudah berjalan 5 bulan dengan usaha utama membuat sepatu rajut handmade.

“Alhamdulillah, kegiatan usaha bersama ini sudah berjalan efektif kurang lebih 5 bulan, kelompok usaha Rajut Hijau Sidomulyo telah mencatat keuntungan bersih yang masuk ke kas kelompok hampir 1 juta rupiah” tutur Jeni.

Tidak hanya mampu menghidupkan kas KUBE saja, kelompok usaha ini pun jelas mampu membantu kesepuluh anggota kelompok untuk memperoleh penghasilan.

“Keuntungan yang masuk ke kas KUBE belum termasuk keuntungan anggota kelompok yang diterima langsung setiap bulan dari hasil merajut dan menjual produk. Setiap bulannya, anggota kelompok bisa memperoleh pendapatan dari kelompok usaha ini antara 100.000 – 500.000 per orang per bulan, tergantung dari aktivitas masing-masing anggota” Ujar Jeni.

Rumah Zakat secara intense membina kelompok usaha ini dengan pendampingan usaha yang langsung dilakukan oleh Jeni sebagai fasilitator dalam pertemuan rutin yang diadakan setiap minggu, materi pendampingan usahapun diberikan beragam mulai dari Marketing, Marketing Online, Menghitung nilai kekayaan KUBE sampai dengan membuat sistem keluar masuk barang.

Mujini (30 Th) seorang Ibu Rumah Tangga mengaku sejak bergabung dengan KUBE Rajut Hijau Sidomulyo, ia dapat menambah uang belanja keluarga.

“Sebelum adanya KUBE ini, saya tidak tahu menahu soal seluk beluk jualan online, Alhamdulillah dengan adanya koperasi ini pada setiap pertemuan rutin kelompok, Fasilitator Rumah Zakat selalu memberikan materi-materi baru, diantaranya adalah tentang marketing online. Alhamdulillah, saya bisa mempraktekkan dengan ilmu yang diberikan. di bulan September ini bisa mencatat rekor penjualan sepatu rajut produksi dari kelompok sebanyak 26 pasang sepatu dengan keuntungan antara 15-25rb/pasang. Lumayan untuk menambah uang belanja keluarga.” ujar Mujini

“Semoga Kelompok Usaha ini bisa semakin maju dan berkembang. Terimakasih Rumah Zakat” ujar Nuraini (32), anggota KUBE Rajut Hijau Sidomulyo.

Newsroom/ Lailatul Istikhomah
Kulon Progo

Tags :
Konfirmasi Donasi