KURANGI BIAYA PAKAN, KELOMPOK TERNAK SUKARAJA BUAT PAKAN TERNAK SENDIRI

BOGOR. (04/19). Fasilitator desa berdaya sukaraja, Bogor melakukan monitoring dan pembinaan kelompok ternak. Monitoring dilakukan sebagai bentuk penguatan dan pendampingan dalam memelihara ayam kampung yang dilaksanakan oleh anggota kelompok ternak.

Dalam monitoring ini juga dilaksanakan pembinaan pembuatan pakan fermentasi. Tujuan pembuatan pakan fermentasi yaitu untuk meningkatkan nilai tercerna pakan, sehingga nutrisi pakan yang diserap lebih optimal dan diharapkan produktivitas meningkat.

Pembuatan pakan fermentasi berasal dari bahan yang tersedia dilingkungan sekitar yaitu dedak.

Langkah pembuatannya yaitu membuat larutan air satu liter dicampur dengan gula pasir 5-6 sendok dan probiotik satu tutup botol diaduk secara merata.

Larutan yang sudah dibuat dituangkan ke dalam dedak sebanyak 5 kg, diaduk – aduk secara merata. Setelah tercampur merata bahan fermentasi dimasukan ke dalam plastik, diikat rapat dan disimpan agar terjadi proses fermentasi.

“Kami sekarang sedang memelihara 100 ekor mudah – mudahan dengan pembuatan pakan fermentasi bisa mengurangi pakan dari pabrik”. Ujar Pak Asep salah satu anggota kelompok.

Newsroom
Aep Muflih/ Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi