MABIT SARANA PEMBENTUKAN MENTAL SISWA

MABIT SARANA PEMBENTUKAN MENTAL SISWAJAKARTA. SD Juara Jakarta Utara menggelar Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) yang berlangsung selama dua hari, 5-6 Mei 2017 yang berlokasi di Masjid Baiturrahman Ancol.  Kegiatan tersebut bertujuan untuk doa bersama dan memberikan motivasi kepada siswa kelas VI agar ujian mereka berjalan dengan lancar.

Para siswa kelas VI SD Juara IPC Jakarta Utara sudah mulai bersiap mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Daerah (US/MBD) pada 15, 16 dan 17 Mei 2017. Seperti tahun-tahun sebelumnya sekolah mempunyai program khusus untuk anak kelas VI sebelum mereka menghadapi ujian.

“Dengan diadakannya acara Mabit khusus kelas VI ini kami berharap siswa dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Sekolah Berbasis Daerah (US/MBD) yang akan dilaksanakan serentak dari tanggal 15 sampai 17 Mei 2017. Kami senantiasa mengajarkan anak-anak untuk selalu melibatkan Allah dalam setiap urusan mereka, ikhtiar haruslah dibarengi dengan do’a agar terhindar dari sifat sombong. Tentunya kami juga berharap orang tua ikut membantu dan mendukung anak-anak dalam proses belajar tersebut karena proses tidak akan mengkhianati hasil,” tutur Wiwid Widayanti selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SD Juara IPC Jakarta Utara.

Siswa SD Juara IPC Jakarta Utara berangkat menuju lokasi pada hari Jumat pukul 17.00 WIB. Suara adzan magrib menyambut kedatangan anak-anak di lokasi, serentak anak-anak langsung mengambil air wudhu dan shalat magrib berjamaah. Setelah shalat dan berdoa, dilanjutkan dengan tilawah Al-Quran sesuai kelompok mentoringnya masing-masing sampai memasuki waktu shalat isya.

Acara Mabit resmi dibuka setelah shalat isya dan makan malam oleh Suprapto, Wakasek Kesiswaan SD Juara IPC Jakarta Utara. Lewat sambutannya dia berusaha membangkitkan motivasi dan meyakinkan setiap siswa bahwa siswa SD Juara memiliki potensi untuk mencapai nilai yang memuaskan. Rangkaian acara yang telah dikemas dengan menarik, diharapkan mampu menyegarkan anak-anak dan memberi semangat dan motivasi baru. Sesuai tema yang diangkat dalam mabit kali ini adalah “Juara Yes, Jujur Harus”, diharapkan siswa memiliki integritas yang tinggi.

Menjelang sepertiga malam, para siswa melakukan shalat tahajud bersama dilengkapi dengan muhasabah bersama ustadz Erfa Hidayat Al-Hafidz. “Acara ini rutin dilakukan setiap tahunnya dengan tujuan menyiapkan mental para siswa sebelum menghadapi ujian.” Jelas Rahmat Ilahi, Kepala Sekolah SD Juara IPC Jakarta Utara sekaligus penanggung jawab kegiatan.

Selama beberapa bulan terakhir, para siswa sudah melaksanakan try out yang diberikan oleh guru-guru dari sekolah dan dari Dinas Pendidikan. Agar tercapainya tujuan bersama, maka pihak sekolah mengajak para orangtua siswa untuk saling bersinergi mendukung dan mendoakan anak-anaknya untuk kelancaran ujian.

Kegiatan Mabit berakhir Sabtu, (06/05) pukul 06.00 WIB dengan bersalaman bersama antara siswa dan guru untuk saling meminta maaf dan memohon restu. Meski acara mabit telah berakhir, pihak sekolah memberikan kesempatan kepada siswa untuk menikmati Pantai Ancol. Setelah puas bermain, rombongam kembali menuju sekolah pukul 07.00 WIB.

Newsroom/Dian Ekawati

Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi