MAHASISWA UPSI MALAYSIA DAN RELAWAN RZ BERBAGI DI SMP JUARA

RZ LDKO CilegonPEKANBARU. Sekitar 25 Mahasiswa University Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia berkunjung ke SMP Juara Pekanbaru binaan RZ, Sabtu (20/06). Kunjungan ini merupakan lawatan kedua setelah tahun lalu pada bulan april dalam agenda yang sama yakni Training of Trainers dan Khidmat Masyarakat yang merupakan program Majelis Mahasiswa Kediaman Luar Kampus (MMKLKL) UPSI Malaysia.

Dalam kunjungannya, mahasiswa UPSI berbagi ilmu pengajaran matematika dan Bahasa Inggris kepada Relawan RZ Pekanbaru yang kemudian di ajarkan kepada siswa siswi SMP Juara Pekanbaru, jelas Ari selaku Koordinator Relawan RZ Pekanbaru.

Kegiatan yang diikuti 20 Relawan RZ Pekanbaru dan 50 siswa SMP Juara Pekanbaru dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SMP Juara Pekanbaru Bapak Syahrul Padhillah, S.Pd. Dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kesediaanya berkunjung kembali ke sekolah ini dana bersedia berbagi ilmu dengan anak anak disini. Semoga jalinan kerjasama ini dapat terus berlanjut.

Selanjutnya dari pihak UPSI Bapak Dr Azhar bim Wahid selaku Pengetua Unit Kediaman Luar Kampus menyampaikan apresiasi luar biasa terhadap sekolah Juara ini. Dan Berharap nantinya dengan program ini anak anak menjadi tertarik dengan Pelajaran Matematika dan bahasa inggris.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan ice breaking untuk mencairkan suasana antara siswa dan mahasiswa. Dengan dilumpulkan di lapangan sekolah, Mahasiswa Malaysia memberikan games seru yang membuat suasana menjadi akrab.

Selanjutnya masuk ke sesi pengajaran matematika yang mana siswa dibagi ke dalam 6 kelompok yang masing-masing dibimbing oleh satu orang mahasiswa malaysia dan seorang relawan dengan dipandu oleh Kak Mes yang menghidupkan suasana ruangan kelas menjadi riuh dengan guyonan yang menggelitik perut sehingga siswa tidak bosan menerima materi ajar matematika yang kebanyakan anak membosankan. Namun dengan pembawaan yang santai dapat diikuti oleh anak anak. Tak tertutup juga kesempatan diberikan kepada relawan maupun siswa untuk mengerjakan soal ke depan kelas.

Selepas Zuhur masuk ke materi bahasa inggris yang dipandu kak Akid. Dengan sistem yang sama namun pembelajaran bahasa inggris diajarkan melalui beberapa games seru yang di awali dengan penentuan namaa kelompok dan penampilan yel yel dalam bahasa inggris.Yang membuat suasana riuh dan bersahaja.

Selanjutnya games kedua yang membuat perur tergelitik ketaw dengan gerakan peragaan masing masing tim untuk menebak kata yang diperagakan. Kegiatan pelajaran bahasa inggris di akhiri dengan meneritkan sebuah tempat yang tergambar dalam kartu dalam bahasa inggris. Kegiatan pembelajaran ink semakin seru dengan pemberian poin kepada masing masing tim setiap gamesnya.

Kegiatan TOT ini dialhiri dengan pemberian cinderahati kepada peserta berupa handuk dan berfoto bersama di depan sekolah. Dan diakhiri dengan buka puasa bersama antara mahasiswa malaysia dan relawan RZ pekanbaru.

Puan Idayu mengungkapkan terimakasih kepada pihak relawan yang turut membantu terselenggaranya kegiatan ini. Selaku pengarah kegiatan sangat senang dengan sambutan pihak tuan rumah. Dipilihnya sekolah ini juga dikarenakan jalinan komunikasi dengan relawan disini dan tertarik dikarenakan anak anak yang bersekolah disini dari kaum dhuafa. Selain itu juga dikarenakan kultur budaya Malaysia dan Riau hampir sama karena satu rumpun. Semoga ke depannya dapat berjalan dengan baik lagi.***

Newsroom/Al Razi Izzatul Yazid
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi