MAKAN KANGKUNG BIKIN LEMAS?

Konsumsi sayuran sangat dianjurkan dalam menu makanan sehari-hari dengan jumlah antara 5-6 porsi. Bagaimana dengan kangkung?

Kangkung merupakan jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena kandungan zat gizi yang dimilikinya. Dalam 100 gr sayuran kangkung terkandung air (90 persen), protein (3 persen), serat (0,9 persen), lemak (0,9 persen), karbohidrat (4,3 persen), mineral (2 persen), asam nikotinamid 0,6 mg, riboflavin 120 mg, vitamin C 137 mg, dan vitamin E 11 mg.

Selain itu kangkung juga mengandung karoten, asam amino, maupun polifenol. Adapun jenis-jenis mineral yang terkandung dalam kangkung seperti natrium, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, zinc, dan cuprum (Sumber: Prasaad K.N, dkk. International Journal of Botany 4(1), 123-9, 2008).

Melihat banyaknya kandungan zat gizi yang ada di dalamnya, maka kangkung baik digunakan untuk:
* Efek sedasi, memberikan rasa tenang, mengurangi kecemasan, sehingga berefek pada penurunan tekanan darah dan membuat lebih mudah terlelap.
* Mencegah konstipasi atau sembelit karena kandungan serat dan air yang cukup baik.
* Mencegah rasa lemas, sulit berkonsentrasi, pusing, dan lain-lain, yang sering terjadi akibat kekurangan zat besi, sehingga sangat baik untuk menghindari diri dari kekurangan zat besi.
* Baik juga untuk mencegah proses degenerasi yang terjadi akibat radikal bebas karena kaya akan karotenoid, polifenol, maupun vitamin, mineral yang berfungsi sebagai antioksidan.

http://female.kompas.com/read/2012/12/12/09542854/Tak.Benar.Makan.Kangkung.Bikin.Lemas?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kfmwp

Tags :
Konfirmasi Donasi