MAKANAN ENAK UNTUK JANTUNG SEHAT

640xauto-8-makanan-enak-untuk-jantung-sehat-1408258Ikan Salmon
Tak usah ragukan lagi gizi yang terkandung dalam ikan laut yang segar ini. Ikan laut, khususnya salmon mengandung vitamin B6 dan B12 yang baik bagi jantung. Selain itu, pada ikan laut juga terdapat Omega-3 yang sangat bermanfaat menstabilkan tekanan darah dan mengurangi risiko sakit jantung. Kita bisa mengolah ikan salmon ini dengan cara yang lebih sehat, yaitu dengan memanggang atau mengukusnya.

Sayuran Hijau
Hampir semua sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi memiliki manfaat baik untuk tubuh. Sayuran berwarna hijau mengandung zat besi, vitamin C, vitamin A, dan magnesium yang semuanya baik untuk jantung. Oh ya, saat mengolah sayuran ini sebaiknya kita jangan memasak sayur terlalu matang kandungan nutrisi alaminya tetap terjaga.

Gandum
Ingin menjaga kesehatan jantung sekaligus menjaga bentuk tubuh tetap ramping? Yup, gandum adalah pilihan tepat untuk kita. Gandum kaya akan serat dan dapat membuat kita kenyang lebih lama. Selain itu, dengan mengonsumsi gandum, hormon serotonin akan meningkat sehingga membuat kita lebih bahagia. Nah, dengan setengah cangkir gandum sehari dipercaya akan membuat kadar kolesterol jahat dalam darah berkurang. Saat ini sudah tersedia varian gandum instan berbagai rasa yang lebih mudah untuk diolah. Jadi, kita tinggal pilih mana yang jadi favorit kita dan keluarga.

Almond dan Kacang Merah
Kacang almond dan kacang merah mengandung vitamin B2 (riboflavin), vitamin E, magnesium, zat besi, dan kalsium. Kandungan ini secara keseluruhan akan membuat jantung berada dalam mood yang baik. Mengonsumsi almond 1/4 cangkir dalam sehari jauh lebih sehat daripada sekantung keripik. Almond yang lezat ini bisa kamu campur dengan semangkuk oatmeal saat sarapan. Sedangkan kacang merah bisa diolah jadi sup yang lezat lho.

Buah Berry
Hampir semua buah segar baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tetapi blueberry, raspbery danblackberry adalah pilihan terbaik. Buah dengan warna ungu, merah dan hitam ini kaya antioksidan dan vitamin C yang dipercaya mampu atasi stres. Ketiga buah ini juga rendah kalori yang sudah pasti baik bagi jantung. Untuk mengonsumsi buah ini tidak perlu diolah macam-macam. Kamu bisa langsung mengonsumsinya atau dibuat smoothies dengan campuran plain yoghurt. Pasti menyegarkan.

Daging Tanpa Lemak

Agak mengejutkan bukan? Daging biasanya bukan pilihan untuk menjaga kesehatan jantung. Tetapi, ternyata kita masih tetap bisa menikmati daging merah (sapi, kambing, domba) yang tidak ada lemaknya. Daging tanpa lemak ini termasuk makanan sehat untuk jantung karena kaya akan zat besi, zinc, vitamin B yang keseluruhan akan membuat kamu lebih tenang. Daging tanpa lemak ini bisa kita olah dalam bentuk steak.

Sumber: vemale.com

Tags :
Konfirmasi Donasi