MAKANAN INI PEMBERSIH ALAMI GIGI

gigi-putihKetua Ikatan Periodontologi Indonesia (Iperi) Komisariat Jakarta, Drg Hari Sunarto Sp Perio (K), mengatakan makanan kaya serat dapat menjadi pembersih alamiah permukaan gigi.

“Makanan berserat seperti buah apel, sayuran, itu dapat menjadi ‘self cleansing’ atau pembersih alamiah bagi plak gigi, karena secara tidak langsung makanan itu dapat menggosok bagian permukaan gigi,” ujar Hari dalam satu acara di Kuningan-Cirebon, di Kuningan, Rabu (20/2) malam.

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukannya, ada kecenderungan masyarakat di pedesaan yang kerap mengonsumsi makanan berserat cenderung lebih rendah mengalami karies atau kerusakan pada permukaan gigi.  “Sebaliknya masyarakat perkotaan yang banyak mengonsumsi makanan cepat saji, cenderung lebih mudah mengalami karies,” kata dia.

Dia mengatakan karies merupakan penyebab utama sakit gigi di Indonesia. Hal ini salah satunya disebabkan antara lain kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia mengenai kesehatan gigi serta belum benarnya pola menggosok gigi masyarakat. Dia mengimbau untuk selalu merawat gigi dengan baik dan benar, sebab perawatan akan jauh lebih mudah dan murah biayanya dibandingkan jika gigi sudah butuh pengobatan. Di sisi lain Dia menyayangkan persepsi masyarakat yang mengira sakit gigi baru terjadi jika sudah dirasakan sakit. Sebenarnya, kata dia, sakit gigi diawali dengan penumpukan bakteri hingga terjadi pembusukan.

Sumber : www.republika.co.id

Foto       : www. indonesiaismy.blogspot.com

Tags :
Konfirmasi Donasi