MANFAAT DAN BAHAYA MINUM OBAT

SEMARANG. Sebanyak 12 member penerima manfaat dari Integrated Comunity Development (ICD), Candisari mengikuti pendampingan kelompok di masjid At Taqwa, Desa Tandang, Kecamatan Candisari, Semarang, Ahad (13/2).  Dalam pertemuan tersebut member diberikan pembekalan materi tentang macam-macam obat, manfaat obat dan bahaya mengkonsumsi obat yang disampaiikan oleh Yani, S. Apt yang juga merupakan apoteker Rumah Bersalin Gratis (RBG) Semarang.

Dalam materinya Yani menyampaikan, “Bahwa sebenarnya tubuh mempunyai antibodi sendiri untuk menangkal penyakit. “Jika mengalami gangguan kesehatan, seperti batuk, pilek atau penyakit-penyakit lainnya, jangan terlebih dahulu menggunakan obat. Biarkan antibodi tubuh melawan penyakit itu terlebih dahulu selama 3 hari. Kalau sudah 3 hari, belum sembuh baru dipersilahkan minum obat dengan terlebih dahulu konsultasi dengan dokter,” ujar Yani. Yani menambahkan bahwa terlalu sering minum obat akan menurunkan fungsi antibodi dalam tubuh.

Disamping itu, Yani juga menjelaskan bahwa yang terpenting adalah kandungan yang ada dalam obat, bukan merk obat. “Kualitas obat generik itu tidak jauh berbeda dengan obat-obat paten lainnya,” ujar Yani. Joko Pamungkas, Member Relationship Officer yang membina wilayah ICD Candisari menjelaskan meski programnya adalah pembinaan agama, namun insya Allah bentuk pembinaan tidak hanya ilmu agama tetapi juga berbagai macam informasi dan skill, ujar Joko.

Cholipah, salah satu member di ICD Candisari mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat berguna bagi dirinya dan keluarga. Sebelumnya, Cholipah mengaku kalau merasa pusing sedikit langsung meminum salah satu obat sakit kepala yang dibeli di warung kelontong dekat rumahnya. “Alhamdulillah, sangat bermanfaat pengetahuan yang diberikan. Terimakasih para pemberi materi dan Rumah Zakat,”ujar Cholipah. ***

Newsroom/ Muhammad Zahron

Semarang

Tags :
Konfirmasi Donasi