MANFAAT MENANGIS

Menangis-ILUSTRASITahukah anda bahwa menangis tidak selamanya negatif? Menangis secara medis juga mempunyai peran penting untuk kesehatan. Menangis adalah hal yang alami, yaitu pengeluaran air mata sebagai respon terhadap keadaan emosi yang kuat seperti rasa terharu, rasa bahagia, atau kesedihan.

Anda tidak perlu canggung dan menahan air mata untuk meluapkan emosi. Berikut manfaat air mata bagi kesehatan :

–       Air mata adalah anti-bakteri agen yang alami. Enzim lysozym pada air mata cukup kuat untuk membunuh bakteri yang ada di mata.

–       Air mata yang keluar dapat membantu menjernihkan mata atau pengelihatan. Cairan tersebut membantu mencegah dehidrasi pada membran mata yang kadang saat mata kering pengelihatan jadi kabur.

–       Seorang ahli biokimia William Frey, menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena kesedihan lebih beracun dibanding air mata karena iritasi atau debu. Air mata karena kesedihan ternyata mengandung zat-zat beracun yang dikeluarkan oleh tubuh akibat stress tinggi yang menjadi penyebab kesedihan. Dengan menangis maka racun yang ada di dalam tubuh akan keluar.

–       Dengan menangis, seseorang lebih cepat menurunkan level depresi yang sedang dialaminya, dengan begitu mood yang awalnya drop bisa cepat naik. Menangis bisa ‘digambarkan’ sebagai emosi, sehingga dalam keadaan menangis emosi teredam sementara. Emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan karena iritasi mata.

–       Menangis juga memiliki manfaat bagi pernapasan. Penyakit yang menyerang saluran pernapasan salah satunya adalah sinusitis, yaitu radang sinus. Peradangan pada sinus akan mengakibatkan proses pertukaran udara pada hidung terganggu karena proses pengaturan kelembaban hidung tidak berjalan normal. Penderita sinusitis akan mengalami rasa sakit pada bagian kepala, perubahan warna lendir menjadi kuning kehijauan hingga mengakibatkan rasa nyeri di seluruh wajah yang tak jarang menimbulkan bengkak. Menangis dapat berguna sebagai cara alternatif untuk mengobati tekanan yang diakibatkan sinusitis.

–       Air mata dipercaya dapat mengeluarkan hormon stres yang menumpuk dalam tubuh manusia. Hormon itu lebih dikenal dengan sebutan endorphin leucine enkaphalin dan prolactin. Dengan menangis, setidaknya Anda telah membuat diri Anda merasa lebih ‘ringan’, pasalnya cairan tersebut juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres akibat tekanan darah
tinggi.

 

Sumber : liniberita.com

Tags :
Konfirmasi Donasi