MANFAAT MINUM JAHE

Oleh: Ahmad Zain

Jahe adalah salah tanaman yang lazimnya digunakan di dapur sebagai bumbu masakan atau juga jamu-jamuan. Akan tetapi ternyata jahe juga mempunyai khasiat yang tak bisa dibilang sedikit. Dalam buku “Meningkatkan Daya Tubuh“ (Bagaimana Membuat Tubuh Tidak Mudah Sakit), karya Dr. Kenneth Cooper dijelaskan tentang beberapa manfaat Jahe, di antaranya adalah:

Pertama: Menurunkan tekanan darah. Hal ini karena jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir dengan cepat dan lancar, serta memperingan kerja jantung memompa darah.

Kedua: Membantu pencernaan karena jahe mengandung enzim pencernaan, yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.

Ketiga: Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah, mencegahnya tersumbatnya pembuluh darah penyebab utama stroke, dan serangan jantung. Gingerol juga dapat membantu menurunkan kadar kolestrol.

Keempat: Mencegah mual, karena jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa yang dapat menyebabkan perut berkontraksi sehingga timbul rasa mual, ini termasuk mual akibat mabuk perjalanan. Ini juga bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil muda yang sering mual dan ada rasa ingin muntah terus.

Kelima: Memperkuat lambung dan membuatnya menjadi aman, Hal itu karena bisa merangsang selaput lender perut besar dan usus oleh minyak asiri yang dikeluarkan rimpang jahe. Selain itu jahe juga bisa meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.

Keenam: Jahe mengandung anti oksidan yang membantu mentralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.

Ketujuh: Membangkitkan gairah dan nafsu makan, karena jahe merangsang kelenjar pencernaan.

Kedelapan: Jahe juga bisa dipakai untuk mengobati batuk, flu, diare, dan penyakit radang sendi tulang.

Kesembilan: Jahe berfungsi juga membersihkan tubuh melalui keringat. Sebenarnya masih banyak manfaat jahe,

Dan dari keterangan di atas, ternyata jahe sangat bermanfaat bagi semua kalangan: untuk yang sering mabuk dalam perjalanan, ibu yang hamil muda, pekerja yang karena sibuknya sehingga makanannya tidak teratur dan tidak terkontrol, bapak–bapak yang mempunyai kolestrol tinggi, atau mempunyai tekanan darah tinggi, dan yang susah bernafas, bagi teman-teman yang susah buang air dan mengalami masalah pencernaan dan lain-lainnya. Maka benarlah firman dari Allah di dalam Al Quran:

“Di dalam syurga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.“ ( Qs Al Insan: 17 )

 

Sumber: www.ahmadzain.com

Tags :
Konfirmasi Donasi