MANFAATKAN INTERNET GRATIS, FASILITATOR DESA BERDAYA LUNCURKAN PERPUSTAKAAN DIGITAL

KLATEN. Rabu (04/10), Meningkatkan minat baca masyarakat dan pelajar di Desa Berdaya Sengon merupakan tantangan tersendiri bagi Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat, Rahmad Widodo.

Fasilitator Rumah Zakat bersama 25 Kader OTS (Omah Tiyang Sengon) akhirnya mewujudkan Perpustakaan Digital dengan memanfaatkan jaringan internet gratis, gadget dan tablet sebagai media informasi penganti buku.

“Gadget saat ini banyak dipakai dan menjadi trend dari mulai anak-anak hingga orang dewasa, potensi ini yg membuat saya memiliki ide perpustakaan digital ini” ungkap Mas Dodo panggilan akrab Rahmad Widodo, Fasilitator Rumah Zakat.

Dari 5 OTS yang dikelola, tiga diantaranya sudah memiliki fasilitas WiFi Gratis, sehingga pelajar dan masyarakat luas bebas mengakses informasi untuk kebutuhan pelajaran sperti mencari info sejarah, rumus matematika dan sebagainya.

Fasilitasi ini dirasakan cukup bermanfaat, terbukti tak kurang dari 20 pelajar dari tingkat SD sampai mahasiswa selalu memadati OTS setiap sore hingga malam hari. Bagi pelajar yg tidak memiliki gadget, Fasilitator memberikan pinjaman tablet kepada mereka yang sedang mencari informasi untuk melengkapi PR dari sekolahnya.

“Sengaja kesini, ada PR dan harus dicari di Google” ucap Aminah pelajar SMP 1 Prambanan.

Newsroom/Kuna
Klaten

Tags :
Konfirmasi Donasi