MANFAATKAN PEKARANGAN RUMAH DENGAN PROGRAM KEBUN GIZI KELUARGA

MANFAATKAN PEKARANGAN RUMAH DENGAN PROGRAM KEBUN GIZI KELUARGAKEBUMEN. Ahad, (21/05) relawan inspirasi Rumah Zakat menggulirkan program Kebun Gizi Keluarga. Warga Desa Blater, Kecamatan Poncowarno, Kebumen sengaja tidak pergi ke sawah karena ingin mengikuti program tersebut. Bersama Syarifudin (Relawan Inspirasi Rumah Zakat) para warga sengaja  meluangkan waktu untuk menanam sayur-sayuran di pekarangan rumah mereka. Kegiatan ini dibuka dengan penyerahan bibit secara simbolik oleh Relawan Inspirasi kepada Kepala Desa Blater, Suryo Widodo. Masyarakat menginisiasi Kebun Gizi Keluarga ini untuk memanfaatkan pekarangan rumah.

“Saya Selaku pemerintah Desa Blater sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas Program Kebun Gizi Keluarga yang digulirkan ini. Semoga program ini dapat menambah ketahanan pangan keluarga dan menjadikan Desa Blater bertambah asri. Insya Allah Pemerintah Desa juga akan ikut serta dalam program ini. Ke depan kita akan tanami sayur-sayuran di pinggir jalan masuk  desa” jelas Suryo Widodo dalam sambutannya.

Ketua Kelompok Tani Desa Blater, Sutarmo juga mengungkapkan, ia sangat berterima kasih kepada Rumah Zakat yang telah menciptakan program Kebun Gizi Keluarga. Ia berharap program tersebut bisa terus berjalan dengan lancar dan berkembang, sehingga bisa bertambah banyak penerima manfaatnya.

“Ini merupakan inisiasi Program Kebun Sehat Keluarga. Program ini mempertemukan dua masalah di Blater yaitu, adanya lahan pekarangan rumah belum termanfaatkan dan para ibu rumah tangga yang kurang produktif. Diharapkan dengan program ini, ibu-ibu bisa lebih produktif dalam merawat tanaman sayuran. Pada penyaluran pertama ini kita memberikan bantuan kepada 10 Kepala Keluarga. Semoga penyaluran ke depan dapat bertambah lagi” papar Syarifudin, Relawan Inspirasi.

Kebun Gizi Keluarga merupakan rumpun Program Senyum Mandiri dari Program Desa Berdaya Rumah Zakat. Program ini memanfaatkan pekarangan rumah yang belum termanfaatkan sebagai lahan untuk ditamani sayur-sayuran guna membantu ketahanan gizi keluarga. Selain itu, diharapkan penerima manfaat program ini juga bisa berbagi hasil kebun gizi dengan tetangga yang membutuhkan. Selain Program Kebun Gizi Keluarga di Desa Blater, adapula program lainnya, seperti Senyum Mandiri (Pemberdayaan Remaja Masjid), dan Senyum Sehat (Supprot dan edukasi Posyandu dan Posbindu).

Newsroom/Amad Syarifudin

Kebumen

Tags :
Konfirmasi Donasi