MARKET DAY SD JUARA PEKANBARU

PEKANBARU. SD Juara Pekanbaru menutup akhir tahun dengan menyelenggarakan kegiatan Market Day untuk memupuk jiwa entrepreneurship siswa, kamis (23/12). Kegiatan ini dilaksanakan di halaman sekolah. Acara ini diikuti oleh kelas 4 dan 5. Dua kelas ini dibagi menjadi delapan kelompok, setiap kelompok terdiri dari lima siswa.

Kegiatan diawali dengan pembagian kelompok, setiap kelompok diberikan modal Rp50.000,- dan diharuskan melakukan presentasi di depan kelompok lain tentang produk yang akan dipasarkan. Sebelumnya, pihak sekolah memberikan pilihan-pilihan jenis makanan yang akan dipasarkan. Setelah itu, para siswa mempertimbangkan bersama kelompoknya tentang bahan, proses pembuatan, dan strategi pemasalannya. Setelah melaksanakan diskusi kelompok, para siswa mempresentasikan rencana marketingnya. Setiap kelompok diwakili oleh satu orang presenter.

Keunikan kegiatan ini, setiap kelompok pergi ke pasar untuk belanja barang yang akan dijual, termasuk bahan-bahan yang akan diolah menjadi makanan yang akan dijajakan. Mereka pergi ke pasar bersama-sama. Dalam kegiatan ini, secara tidak langsung para siswa mempelajari teamwork. Perselisihan, perbedaan pendapat, atau pertengkaran sulit dihindari pada kegiatan tersebut. Namun, mereka dapat mengatasinya dan mendapatkan bahan makanan yang akan dijual dengan sukses.

Market Day berlangsung sangat meriah. Suasana kompetisi terlihat jelas dalam acara tersebut. Acara resmi dibuka oleh kepala sekolah pada pukul 08.00 WIB. selanjutnya masing-masingh kelompok diberi kesempatan untuk mengumumkan barang-barang yang mereka jual kepada calon konsumen. Konsumen Market Day adalah siswa-siswi kelas 1, 2 dan 3, guru dan orang tua siswa. Semua dagangan habis terjual dengan berbagai strategi penjualan termasuk direct selling. Semua kelompok berhasil membukukan keuntungan bahkan ada kelompok yang mencapai keuntungan fantastis sebesar Rp27.000,- Keuntungan tersebut mereka bagikan kepada anggota kelompok. Modal awal dikembalikan pada sekolah.***
Newsroom/Suriksodi Saputro
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi