MAU AWET MUDA? BERPUASALAH

Puasa ternyata punya segudang manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya dapat mengurangi kerusakan sel tubuh, berpuasa juga dapat memperlambat efek penuaan.

“Puasa benar-benar menyehatkan dilakukan karena bisa mengurangi kerusakan berbagai sel yang diakibatkan munculnya oksidan karena hasil pembakaran makanan,” kata androlog Universitas Diponegoro Semarang, Prof Susilo Wibowo.

Mantan Rektor Undip tersebut menjelaskan, langkah pengurangan kalori juga bisa dilakukan dengan mengatur pola makan, misalnya, banyak yang melakukannnya dengan hanya mengonsumsi lauk tradisional, seperti tempe dan tahu. Menurut dia, berbagai kearifan lokal masyarakat juga mengajarkan untuk mengatur pola makan, seperti pepatah masyarakat Okinawa Jepang berbunyi “Hara Hachi Bu” yang menginstruksikan makan jangan melebihi 80 persen kapasitas perut.

“Dalam Islam, ada hadist Nabi Muhammad SAW yang mengajarkan untuk berhenti makan sebelum kenyang. Sama juga dengan falsafah Jawa berbunyi ‘Yen wis yuswo: Ayo podo turu longan, nggo ibadah. Ojo lali ugo mangan longan’,” katanya.

Ia menjelaskan, falsafah Jawa tersebut mengajarkan bahwa saat menginjak usia tua untuk mengurangi tidur dan lebih banyak menggunakan waktunya untuk beribadah, serta tidak lupa untuk mengurangi makan tak seperti di kala muda.
Dalam ilmu kedokteran, kata dia, penuaan yang ditentukan faktor genetik hanya sekitar 5-10 persen dan sisanya sekitar 90-95 persen sisanya ditentukan oleh lingkungan, termasuk diet, sehingga mengartikan pentingnya pola hidup sehat.

“Makanan cepat saji (fast food) sebaiknya dihindari karena menyebabkan berbagai penyakit, seperti diabetes, hipertensi, stroke, dan jantung. Sebaliknya, makanan-makanan tradisional kini sudah kembali menjadi pilihan,” katanya.

Efek-efek penuaan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, kata dia, seperti sakit-sakitan, andropause pada pria dan menopause pada wanita sehingga perlu disiapkan bagaimana bisa tua secara fisik namun sehat.

 

Sumber: www.republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi