MAU KURUS? JALAN MUNDUR SAJA

Kalau beragam olahraga yang sudah kita lakukan tidak juga memberi hasil, tak ada salahnya kita mencoba berjalan mundur.

Dikup dari Medical Daily, berjalan mundur ternyata dapat menjadi alternatif latihan karena mampu membakar kalori hingga dua kali lipat dibanding berjalan biasa.

Berjalan mudur juga menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, misalnya membantu memulihkan diri dari cedera umum danmenjaga keseimbangan.

Dalam studi yang pernah dilakukan, peneliti menemukan ketika seseorang berlari ke depan, kaki bagian belakang akan menghentak tanah dan saat kaki diangkat dari tanah, tumpuan beban tubuh berguling ke bola kaki.

Di sisi lain, ketika seseorang berjalan mundur akan timbul efek sebaliknya, kaki bagian depan yang menghentak tanah dan seterusnya. Hal ini berarti otot yang digunakan untuk berjalan maju dan mundur berbeda. Berjalan mundur membutuhkan energi 30 persen lebih banyak dari yang dibutuhkan untuk berjalan maju.

Studi lain juga menguatkan manfaat dari cara berjalan yang satu ini. Perempuan yang berlari mundur selama 15-45 menit sebanyak tiga kali seminggu selama enam minggu, akan kehilangan 2,5 persen dari berat badannya.

 

Sumber : www.republika.co.id

Foto      : http://zonamantap.blogspot.com/2012/06/gerakan-tubuh-yang-mengendalikan-pikiran_25.html

Tags :
Konfirmasi Donasi