MBAH SANIYEM PALING SENANG DITEMANI NGOBROL

YOGYAKARTA. Rumah Zakat menggandeng Cita Sehat untuk kembali menggelar Posyandu Lansia di Kabupaten Bantul, tepatnya di Kelurahan Jambidan, Kecamatan Banguntapan pada Selasa (16/02).

“Hari ini kami melakukan pemeriksaan kesehatan lansia, serta melakukan Home Visit untuk melihat kondisi kesehatan lansia yang menjalani bed rest di rumahnya,” kata Afrezah, Public Health CIta Sehat Yogyakarta.

Adalah Mbah Saniyem, salah satu lansia yang rutin mengikuti Posyandu. Usianya yang sudah mencapai angka 88 tahun, membuat ia harus berjalan menggunakan rotan sebagai penyangga. Itulah sebabnya ia selalu ditemani pulang usai Posyandu selesai.

“Mbah Saniyem itu salah satu lansia yang rajin ikut Posyandu. Dan kebiasaan yang paling ia senangi yaitu ditemani saat pulang sambil mengobrol. Biasanya Mbah akan bercerita mengenai keluhan dan kegiatannya sehari-hari,” lanjut Afrezah.

Dari tempat pelaksaan Posyandu menuju rumah Mbah Saniyem berjarak 250 meter.

Hari itu, Mbah berjalan tidak menggunakan sandal, ditengah perjalanan kakinya terkena kawat. Afrezah dengan sigap kembali membawa Mbah ke Posyandu dan mengobati lukanya.

“Mbahnya tidak mau pakai sandal mungkin karena risih, katanya lengket tidak enak pake sandal. Saat tau kakinya terluka, kami langsung membersihkan luka akibat terkena kawat itu,” ujar Afrezah.

Selain melakukan pemeriksaan kepada lansia dirumah, Afrezah bersama tim juga memberikan edukasi kepada keluarga mengenai cara merawat dan bagaimana agar lebih peka terhadap kebutuhan dan keinginan lansia sehingga mereka merasa nyaman.

“Semoga dengan hadirnya Posyandu Lansia ini dapat meningkatkan kesejahteraan lansia seperti Mbah Saniyem ini,” pungkas Afrezah.

Newsroom/Nurul Rahayu
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi