MEMANFAATKAN 10 HARI TERAKHIR DI BULAN RAMADHAN

Moment 10 hari terakhir di bulan Ramadhan selalu menjadi moment yang dinantikan sekaligus menyedihkan karena umat Muslim akan ditinggalkan tamu yang begitu mulia.

Tidak hanya itu saja, di 10 malam terakhir juga sering dikaitkan dengan turunnya malam lailatul qadar di mana malam itu merupakan malam yang sangat mulia karena pada malam itu adalah malam turunnya Al Qur’an.

Namun, tiada yang tahu kapan persisnya malam tersebut datang. Meskipun begitu, biasanya umat Muslim akan meningkatkan intensitas ibadah mereka demi meraih malam kemuliaan itu.

Berikut ada beberapa alternatif kegiatan yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan 10 hari terakhir bulan Ramadhan, diantaranya:

1.Membaca Al Qur’an terutama Al khlas

“Siapa pun yang membaca surah Al Ikhlas akan mendapatkan pahala seperti membaca sepertiga Alquran.” (HR. Tirmidzi)

2.Bersedekah

Lailatul Qadar adalah Malam Kemuliaan karena “lebih baik dari seribu bulan” (Al-Qadr 97:3). Ini berarti amal baik yang dilakukan di malam tersebut akan diganjar pahala sebanyak amal baik yang dilakukan sebanyak 83 tahun.

3.Mendirikan Shalat Malam

“Barangs siapa salat di malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4.Berdoa

Aisyah radhiallahu ‘anha, berkata: Aku bertanya kepada Rasulullah:’ Wahai Rasulullah SAW, jika aku menjumpai satu malam merupakan lailatul Qadar, apa yang harus aku ucapan di malam itu? Beliau menjawab:”Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni – Ya Allah, Sesunggunya Engkau Maha Pemaaf, suka memaafkan, maka maafkanlah aku.” (HR. Ahmad. Ibnu Majah, dan Tirmidzi)

Sumber: Muslimpro

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia