MEMANFAATKAN KARDUS BEKAS MENJADI BARANG BERNILAI JUTAAN

KARANGANYAR. Senin (02/10), Oleh Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat, limbah kerdus bekas pun bisa disulap menjadi pundi-pundi Rupiah. Masyarakat di Desa Wonorejo, Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah menyulap limbah kardus berkas menjadi barang yang bernilai seperti baki lamaran pengantin, kotak tempat uang dan emas, baki kosmetik, baki perangkat sholat, aneka model mahar, kado ulang tahun dan lain lain.

Dari harga kardus bekas senilai Rp500 Rupiah sampai Rp1000 Rupiah per Lembar jika dibuat 4 atau 6 baki kosongan atau kerajinan tangan, harga perbiji bisa menjadi Rp22.000 sampai Rp60.000 tergantung motif dan fariasi. Bahkan untuk dibuat kerajinan uang mahar, rata-rata bisa seharga Rp600.000 sampai Rp800.000 dan minimal Rp1.200.000 untuk pemesanan secara online, dan selanjutnya tergantung permintaan konsumen.

Relawan Rumah Zakat melatih masyarakat di desa Wonorejo membuat kerajian ini secara gratis. Alat-alat yang digunanakan untuk membuat kerajinan ini diantaranya adalah kardus bekas, gunting, cutter, lem lilin, kertas kado, kain peles, renda, kain tile bekas, plastik kado transparan, karet pita, bola plastik kecil, pita serut, kertas krep.

“Alhamdulillah dengan pelatihan ini diharapakan warga semakin berdaya untuk menghasilkan pendapatan untuk kebutuhan keluarganya melalui pemanfaatan kardus bekas ini,” ungkap Fasilitator.

Newsroom/Kuna
Karanganyar

Tags :
Konfirmasi Donasi