MENGENAL SOSOK SIRAN, PEMELIHARA KAMBING SUPERQURBAN DI PROBOLINGGO

RZ_Siran1_ProbolinggoPROBOLINGGO. Pelaksanaan Superqurban 1434 H pada momen Idul Adha tahun 2013 ini  tidak terlepas dari sosok penyedia pakan dan pemelihara hewan ternak di lokasi kandang pemeliharaan kambing Superqurban di Probolinggo  yang dipercaya oleh RZ untuk memelihara, memeriksa, dan merawat kambing-kambing tersebut.

Sehingga hewan-hewan itu telah siap untuk disembelih di Hari Raya Idul Adha, sebagai binatang untuk dikorbankan yang telah dipesan oleh donatur RZ maupun korporat-korporat yang bermitra dengan RZ. Selain itu setelah disembelih kambing-kambing ini juga sebagai bahan baku untuk pembuatan kornet Superqurban.

Sosok itu biasa disapa Siran yang telah berusia 57 tahun. Ternyata dia adalah seorang pekerja yang tekun dan ulet dalam menggeluti profesinya. Ketika ditemui di tempatnya bekerja, di Probolinggo Sabtu (12/10),  ia sangat antusias menuturkan kisah-kisahnya dalam bekerja.

Berikut petikan kisahnya:  

Saya sudah 3 tahun bekerja di tempat ini, saya sangat senang dengan pekerjaan saya. Selama tiga tahun dalam bekerja dimulai dari membuat kandang hingga merawat kambing semua pekerjaan itu telah saya jalani. Dalam bekerja kalau saya masuk pagi, masuk pukul 07.00 WIB. Pekerjaan sebagai penyedia pakan dan pemelihara kambing ini alur kerjanya diawali dari pagi hingga siang mengkontrol kebersihan kandang dan beragam pekerjaan lainnya. Proses kontrol pekerjaan itu dari pagi saya mengkontrol air, makanan sampai sisa-sisa makan di bawah kandang ini saya kerjakan.

Setelah itu kambing dikasih pakan. Untuk pakan kambing ini sangat beragam seperti konsentrat, juga pakan lainnya seperti jagung, ketela pohon, kangkung, maupun pakan lainnya yang dicampur sehingga kambing-kambing ini lebih sehat karena makanannya terkontrol. “Jumlah kambing perkandang ada yang berjumlah 430 kambing, ada yang 400 kambing sehingga di total ada ribuan kambingnya dari sekian kandang di tempat ini,” ucapnya.  Saya menyelesaikan pekerjaan hingga pukul 16.30 WIB.

Usia Siran yang kini telah lanjut usia tidak mengurangi semangatnya dalam bekerja dibandingkan dengan sosok-sosok  pekerja-pekerja muda lainnya di lokasi tempat ia bekerja. Tempat tinggal Siran tidak jauh dari  lokasi tempat ia bekerja, dari penghasilannya bekerja pun bisa untuk memenuhi kebutuhan keluarganya

Kini ia pun bersyukur dengan aktivitasnya,”Terima kasih Superqurban, semoga Superqurban ini bermanfaat bagi bagi Penerima Manfaat dan tepat sasaran,” pungkasnya sambil tersenyum.

Newsroom/Indriyatna Sugiyarta
Probolinggo

Tags :
Konfirmasi Donasi