MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN DESA CIPONDOK MELALUI BANK SAMPAH

KUNINGAN. Sabtu (15/09), Bank Sampah adalah salah satu Program Senyum Lestari Rumah Zakat yang diterapkan di Desa Berdaya Cipondok, Cibingbin, Kuningan.

Menurut Mayasyaroh, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat, Keberadaan Bank Sampah ini awalnya dianggap hal yang aneh. Jika dulu kebiasaan masyarakat di desa ini, kalau memiliki sampah cukup ditukar dengan minyak jelantah, atau garam ke tukang rongsok, tapi sekarang bisa ditabung dan bisa menghasilkan uang.

Setelah berjalan dua tahun ini, akhirnya masyarakat menyadari pentingnya keberadaan Bank Sampah,
Ibu Sarni (61 thn) “Dulu sebelum ada Bank Sampah saya sering menukar sampah rongsokan dengan minyak jelantah ke tukang rongsok keliling,, tapi setelah ada bank sampah saya nabung sampah di sini, lumayan setelah nabung lama bisa nambah modal warung saya, terimakasih rumah zakat.”

Bank Sampah Mandiri ini, berada di Kampung Sidaharja tepatnya Dusun I, RT 04/RW 01, Desa Cipondok-Cibingbin. Mekanisme tabungan di Bank Sampah ini, member mengantar langsung sampah layak jual ke Bank Sampah, kemudian di timbang dan di catatkan kedalam buku tabungan, seharga sampah, untuk pengambilan tabungan member dapat mengambilnya setelah tiga bulan atau setelah tabungannya cukup banyak.

Menurut Ibu Kurnia (48 thn) pengelola harian Bank Sampah “Alhamdulillah, sekarang masyarakat banyak yang tergerak untuk menabung di bank sampah, sekolah-sekolah di Cipondok juga nabung sampahnya disini, bahkan ada member dari Desa Sukaharja nabungnya kesini, mungkin karena Bank Sampahnya baru ada Di Cipondok saja, saya sangat bersyukur desa saya terpilih jadi Desa Berdaya Rumah Zakat.” Tuturnya.

Newsroom/Kuna 

Kuningan

 

Tags :
Konfirmasi Donasi