MENTORING PERDANA PKSA (ANAK JALANAN) KEMENTRIAN SOSIAL RI

JAKARTA. Jakarta Bebas Anak Jalanan 2011 itulah tagline yang di usung oleh Kementrian Sosial melalui Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA). Kemensos telah bekerjasama dengan Rumah Zakat dalam hal ini cabang Jakarta Timur yang menjadi pilot project dengan target 150 anak jalanan. Program ini telah berjalan selama 3 bulan, mulai dari perekrutan yang membutuhkan kurang lebih 2 bulan. Sehingga kegiatan mentoring untuk anak jalanan baru berjalan mulai Sabtu (19/11) di 2 wilayah yaitu Pulo Jahe dan Cipinang. Lokasi untuk mentoring di SD Juara Cakung untuk anak jalanan Pulo Jahe dan Musholla Mustad’Afin digunakan untuk mentoring wilayah Cipinang Besar.

Kegiatan mentoring di SD Juara dimulai dari pukul 09.30 WIB hingga 11.00 WIB. Acara dimulai dari sambutan oleh Trisno mewakili Rumah Zakat. Selanjutnya oleh mentor mulai dari perkenalan semua mentor dan diadakan juga games interaktif bagi anak jalanan. Kemudian tim PKSA yang terdiri dari 6 mentor, Non Formal Education dan Pekerja Sosial ke lokasi kedua yaitu di Cipinang Besar. Saat tiba di lokasi ternyata orang tua dan anak jalanan sudah berkumpul semua. Khusus wilayah Cipinang Besar ini mayoritas masyarakat yang tinggal berprofesi sebagai pemulung dan pengamen jalanan, serta lingkungannya dikelilingi oleh sampah yang mereka buang setiap hari sehingga terlihat kotor dan kumuh.

Acara dimulai dari sambutan Non Formal Education Officer Jakarta Timur mewakili Rumah Zakat dan Kemensos. Kemudian dilanjutkan dengan games yang dipandu oleh Fahri. Anak-anak mulai diajak games kekompakan, dari tali temali dan panjat punggung teman. Dilanjutkan dengan penampilan anak jalanan mereka ada yang menyanyikan lagu dangdut dan lainnya. Doorprize pun disiapkan untuk anak-anak yang bisa menjawab pertanyaan dan berani maju ke depan. Ada juga anak-anak yang berani membaca surat-surat pendek dalam Al quran. Walau mereka sering mengamen tetapi ternyata mereka juga suka mengaji. Diakhir acara semua orang tua dan anak jalanan diberikan kornet Superqurban. “Terima kasih Rumah Zakat atas terselenggaranya mentoring ini juga pembagian kornet Superqurbannya,” kata salah satu anak jalanan dengan semangat.***

Newsroom
/Ernawati

Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi