MENUMBUHKAN KEBERANIAN DENGAN WAWANCARA

MENUMBUHKAN KEBERANIAN DENGAN WAWANCARAJAKARTA. Selasa, (11/04) Siswa kelas 3 Ibnu Khaldun SD Juara Jakarta Barat mendapat tugas untuk mengamati pasar tradisional yang berada dekat dengan lokasi sekolah, sekaligus mewawancarai para pedagang di pasar Bintang Mas. Tugas tersebut berawal dari kurikulum pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) mengenai kegiatan jual beli yang ada di masyarakat. Wawancara yang dilakukan harus berisikan informasi mengenai jenis kegiatan jual beli, nama pedagang, produk yang dijual dan harga.

Pada mulanya, tampak beberapa siswa ragu dan malu untuk melakukan wawancara. Setelah diberikan motivasi oleh walikelasnya, Laila, S.Pd, para siswa mulai memberanikan diri untuk bertanya kepada pedagang. Para siswa mewawancarai pedagang sayur, ikan laut, beras, ayam, ikan asin, buah, sampai ke penjual pakaian.

Dari hasil wawancara tersebut, kini para siswa mengetahui darimana saja supplier yang memasok barang di pasar tersebut, diantaranya berasal dari pasar Muara Angke (jenis ikan), Kramat Jati (jenis sayuran), Tanah Abang (jenis pakaian) dan Jembatan Lima (jenis perabotan).

Selain itu, mereka juga mengetahui kondisi harga pasar. Para siswa menanyakan harga per kilo dari setiap produk. Misalnya, Harga bawang merah Rp. 40.000/kg, bawang putih Rp. 43.000, kunyit Rp. 8.000/kg, cabe Rp. 25.000/kg dan jengkol Rp. 60.000/kg.

Setelah kegiatan berakhir para siswa beristirahat, meskipun di sekitar pasar tidak ada kursi, namun siswa tetap menjalankan adab makan dan minum dengan menggunakan tangan kanan dan tidak sambil berdiri.

Dari semua kegiatan yang dilakukan oleh siswa, tentu memiliki tujuannya. SD  Juara Jakarta Barat mempunyai kurikulum dan gaya pengajaran tersendiri yang diajarkan kepada para siswanya. Dengan adanya kegiatan seperti ini, memberikan suasana baru bagi anak-anak, sehingga mereka tidak jenuh hanya belajar di ruangan, melainkan praktek langsung ke lapangan dan belajar bersosialisasi dengan masyarakat luas.

Selain itu, Bu Laila menambahkan “pembelajaran tersebut bertujuan agar siswa mempunyai pengetahuan baru dan berani berbicara dengan orang lain, percaya diri, sabar dan senantiasa selalu bersyukur atas nikmat yang telah Allah anugerahkan kepada mereka” ungkapnya. 

Newsroom/Dian Ekawati

Jakarta

 

Tags :
Konfirmasi Donasi