MERAPI KEMBALI MELETUS, DUA POSKO PGN-RUMAH ZAKAT DIEVAKUASI

YOGYAKARTA. Dini hari ini, Jumat (5/11), dua Posko Merapi hasil kerjasama PT PGN (Persero) Tbk yang berada di Wonokerto dan Girikerto dievakuasi ke GOR Sleman yang berjarak 30 km dari Gunung Merapi. Hal itu dilakukan menyusul letusan Merapi yang kembali terjadi sekitar pukul 23.00 Wib.

Setelah terjadi letusan, para relawan PGN-Rumah Zakat mengevakuasi pengungsi yang lumpuh untuk dibawa ke Rumah Sakit. “Tadi pagi relawan hanya mampu menyelamatkan barang-barang elektronik. Sementara bahan pangan dan obat-obatan tidak bisa,” ujar Ketua Penanggulangan Bencana Rumah Zakat Noor Yahya.

Sebanyak 6000 pengungsi saat ini masih berdatangan ke Posko PGN-Rumah Zakat yang berada di GOR Sleman. Adapun kebutuhan yang mereka perlukan saat ini antara lain air mineral, bahan makanan, obat-obatan, tikar, dan juga MCK. “Jika Posko tidak mencukupi, maka para pengungsi akan dipindahkan ke tempat lainnya,” tutur Yahya.

Hari ini para relawan akan melakukan pemetaan lapangan dan survey lokasi untuk pendirian Posko. Selain itu Rumah Zakat akan mengadakan Siaga Sehat sesuai dengan kebutuhan lapangan. “Kami juga membagikan bahan makanan dan air mineral untuk para pengungsi,” ungkap Yahya.***

Newsroom/Muhammad Zahron

Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi