MERAWAT TUBUH DENGAN JAHE

jaheJahe telah lama dikenal sebagai penghangat tubuh. Celupkan seiris jahe dalam teh. Atau rebus jahe dan minum airnya untuk menghilangkan masuk angin.

Jahe juga bermanfaat untuk kecantikan. Sejumlah spa atau pusat kecantikan sudah lama menggunakan jahe dalam ramuan pijat atau scrub tubuh.

Merawat diri dengan jahe di rumah tidak sulit untuk dilakukan. Misalnya membuat rendaman kaki dari jahe yang berguna untuk membuang racun alias detoksifikasi.

Kombinasi mustar jahe sudah lama dikenal sebagai pengobatan rumah untuk mengatasi flu, kedinginan, letih, dan mual.

Jika biasanya kaki yang letih hanya direndam dalam air hangat, coba tambahkan jahe parut ke dalamnya. Jahe akan membuat kaki hangat, membuat otot-otot kaki rileks, dan mendetoksifikasi.

Sekadar catatan, mustar membuat air menjadi tambah panas. Gunakan air hangat saat merendam kaki. Jangan gunakan air yang mendidih.

Campur 1 sendok makan bubuk mustar atau biji mustar dengan 2 sendok teh jahe parut. Campur kedua bahan itu dalam ember atau wadah yang muat untuk dua kaki. Tambahkan air secukupnya hingga menutup mata kaki.

Rendam kaki selama 15 hingga 20 menit. Aduk-aduk air dengan tangan atau tambahkan air hangat lagi saat rendaman mulai dingin.

Kemudian bersihkan kaki dengan air hangat dan keringkan.

Jahe juga bermanfaat untuk membuat tubuh terasa bugar. Menambahkan sedikit parutan kulit lemon dalam scrub tubuh bersama jahe dan gula akan menghangatkan sekaligus membuat tubuh segar kembali.

Ada manfaat lain dari menggosok tubuh dengan jahe. Jaher merupakan salah satu rempah penghilang selulit alami.

Untuk membuat scrub dari jahe, campur setengah cawan gula, seperempat cawan minyak zaitun, dua sendok teh jahe parut, dan kulit lemon.

Campur semua bahan itu di mangkuk kecil. Ketika mandi, gosok tubuh perlahan dengan larutan gula, lemon, dan jahe.

Scrub alami ini sanggup bertahan selama satu minggu jika disimpan dalam lemari es.

Setelah kaki dan tubuh disegarkan kembali oleh jahe, saatnya menyesap secangkir teh hangat yang diberi seiris jahe di dalamnya. Hmmm… Nikmat sekali.

Sumber: liniberita.com

Tags :
Konfirmasi Donasi