MERIAHNYA SERAH TERIMA PROGRAM DESA BINAAN PGN CIKARANG

meriahnya-serah-terima-program-desa-binaan-pgn-cikarangBC – Bekasi. Acara serah terima Program Desa Binaan PGN (Perusahaan Gas Negara) Cikarang yang diselenggarakan Selasa (25/10) di Kampung Pasirkonci RT 14-B/05 Desa Pasirsari, Kecamatan Cikarang Selatan, Kab. Bekasi cukup meriah dan sukses. Walau pun dengan kondisi panggung sederhana tapi penuh makna dengan dibanjiri hadiah dari beberapa event perlombaan.

Sekira jam 10.30 Wib warga sudah mulai memadati lokasi acara, para panitia pun sudah nampak hadir sesuai jadwal. Acara serah terima program Desa Binaan PGN Cikarang dihadiri, Kades Pasirsari H. Lamjah Hertansyah, Indrayanto perwakilan dari RZ, Jumin Fasilitator PGN, Mas Slamet dari relawan RZ, BPD, Karangtaruna dan para peserta lomba.

Acara serah terima Program Desa Binaan PGN Cikarang dibuka oleh Mas Slamet dari relawan RZ, sekaligus pengumuman pemenang dari lomba kebersihan. Untuk pemenang lomba kebersihan program Desa Binaan Cikarang Desa Pasirsari, Juara I diraih oleh Gg. Al-Hikmah Pj, ibu Erna; Juara 2 diraih Gg. Seroja, Pj. Budhe; Juara 3 diarih Gg. Ki Ali, Pj. Mamah Ayu; Juara Harapan I oleh Gg. Oma, Pj ibu Utin; Juara Harapan 2 oleh Gg. Kapuk, Pj. Mamah Nabila; dan Juara Harapan 3 oleh Gg. Makhami, Pj. Mamah Azkiya.

Saat disinggung setelah serah terima program, untuk kebutuhan bibit dan nutrisi apa masih bisa disuplai, Slamet mengatakan, tidak, kita selanjutnya hanya pendampingan hingga bisa mandiri. “Setelah serah terima program ini, kami sifatnya hanya mendampingi hingga bisa mandiri,” katanya.

Jumin selaku Fasilitator program warga binaan PGN mengatakan, “Program Desa Binaan mobil sehat PGN kita laksanakan dari bulan Maret, dan terdiri dri lima program, antara lain Kampung Bersih, Bank Sampah, Kebun Gizi, Refitalisasi pos yandu dan siaga giji balita.” paparnya.

“Kampung berseri adalah program pelestarian lingkungan berbasis rumah tangga dengan aplikasi program pelatihan kader lingkungan, kerja bakti, lomba kebersihan rumah tangga dan komunitas, untuk posyandu kita juara di tingkat Kabupaten Bekasi,” terangnya lagi.

Untuk Bank Sampah lanjut Jumin, merupakan kegiatan pengelolaan sampah lingkungan masyarakat dengan mekanisme menabung sampah yang masih memiliki nilai ekonomis. “Sampah yang ditabung nantinya akan ditimbang dihargai dengan sejumlah uang yang nominalnya telah disepakati bersama sesuai dengan jenis sampah yang disetorkan,” bebernya.

Masih menurut Jumin, adapun untuk kebun gizi adalah program optimalisasi lahan kosong di sekitar pekarangan rumah warga agar menjadi kebun hijau yang produktif dengan sistem hidroponik, polybag dan barang bekas bermanfaat lainnya. “Kebun gizi itu bisa dilakukan di pekarangan rumah warga dan nantinya menjadi kebun hijau yang produktif,” katanya.

Lebih jauh Jumin mengatakan, untuk refitalisasi posyandu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan peringkat posyandu, memberikan pengetahuan dan motivasi agar lebih menggiatkan kader dalam mengelola kegiatan posyandu.

“Untuk pelatihan kader posyandu dilakukan setiap dua minggu sekali, adapun untuk siaga gizi balita, adalah program perbaikan giji balita yang terindikasi bawah garis merah (BGM) dalam kartu menuju sehat (KMS), dan program ini tentunya akan disesuaikan dengan data yang ada di pos yandu,” pungkasnya kepada Berantas.co Selasa (25/10).

Selanjutnya yaitu acara pemotongan tumpeng oleh Kades Pasirsari H. Lamjah Hertansyah yang menandakan program Desa Binaan PGN Cikarang sudah selesai dilaksanakan. Ucapan rasa terimakasih diucapkan H. Lamjah, bahwa dirinya mengucapkan terima kasih, ternyata banyak program seperti ada kebun gizi, Bank Sampah, Kampung berseri dan masih banyak lagi ini terlihat cukup bagus, dan ini gerakan dari pihak PGN mohon ke depannya bisa dilanjutkan.

“Saya berharap kedepan masih bisa berlanjut, biar lebih meriah saya juga punya kuis, yang bisa menjawab pertanyaan saya langsung saya kasi uang Rp 100 ribu, Alhamdulillah dari bebepa pertanyaan bisa dijawab oleh ibu-ibu yang saya panggil ke panggung,” singkatnya.

Dan acara serah terima Desa Binaan perusahaan gas negara (PGN) Cikarang ditutup dengan doa oleh ustadz Haetami.

Sumber: http://www.berantas.co/2016/10/serah-terima-program-desa-binaan-pgn.html?m=1

Tags :
Konfirmasi Donasi