[:ID]MESKIPUN WFH, KESEHATAN TUBUH HARUS TETAP TERJAGA[:]

[:ID]BANDUNG, Rumah Zakat – Virus corona yang saat ini sedang mewabah membuat pemerintah mengeluarkan instruksi agar masyarakat melakukan social distancing bahkan harus mengisolasi diri di rumah atau Bahasa kerennya Work From Home (WFH) bagi pekerja dan karyawan. Tentunya, adanya instruksi ini disambut dengan berbagai macam respon, ada yang mengikuti dan adapula yang tidak bisa mengikuti karena beberapa perusahaan belum memberlakukan WFH.

Khusu bagi yang mendapatkan WFH, moment ini bisa dijadikan kesempatan untuk membuat stamina tubuh lebih berkualitas. Salah satunya dengan tetap melakukan olahraga ringan. Karena dengan berolah raga, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak rentan terkena penyakit.

Dikutip dari Republika.co.id, seorang Psikolog dari Ikatan Psikologi Olahraga Wiene Dewi menganjurkan agar masyarakat tetap melakukan olahraga ringan ketika di rumah, tentunya tanpa berkumpul dalam massa yang banyak.

Wiene mengatakan meskipun seseorang berada di rumah namun tetap harus melakukan olahraga ringan. Olahraga tersebut dilakukan dengan keadaan senang agar bisa memicu hormone endorgin yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kekebalan tubuh memang harus tetap dijaga, sekalipun dalam masa isolasi seperti yang terjadi sekarang ini. Olahraga, adalah salah satu cara untuk menjaga agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Wiene mengatakan ketika seseorang tidak berolahraga maka akan berdampak pada gangguan kesehatan dikarenakan terjadi gangguan pada sirkulasi darah. Selain itu, jarang berolahraga akan mengakibatkan otot menjadi kaku, aliran oksigen ke otak menjadi tidak lancar.

Karena itulah, penting bagi seseorang yang sedang menjalankan WFH untuk melakukan olahraga ringan seperti peregangan otot, yoga dan olahraga ringan lainnya. Intinya, olahraga itu tidak perlu berat yang terpenting adalah tetap bisa melakukan peregangan otot sehingga badan tidak kehilangan kekebalan tubunya.

Sebaliknya, apabila seseorang tidak melaksanakan olahraga, maka efeknya bisa berbahaya. Salah satunya adalah turunnya kekebalan tubuh yang dapat mengakibatkan tubuh rentan terkena penyakit.

Jadi, alangkah lebih baiknya jika masyarakat lebih memperhatikan kesehatan mereka selain menjaga kebersihan sekitar. Olahraga secara rutin dengan pikiran yang positif bisa meningkatkan hormone edorfin. Hormon tersebut berhubungan dengan rasa nyaman dan senang yang akan berpengaruh untuk menjaga kualitas kesehatan seseorang.

Sumber: Republika.co.id

 [:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia