MILIKI POLA MAKAN ANEH? HATI-HATI BAHAYA ‘BINGE EATING’

rumah zakatHati-hati jika Anda menderita binge eating. Begitu imbauan yang disampaikan oleh psikolog dari klinik Shape Up, Tara Adhisti de Thouars, di Jakarta, Selasa (19/2). Lantas, apa itu binge eating? Berikut sedikit penjelasan daru Tara.

Menurutnya, binge eating adalah gangguan pola makan yang termasuk dalam gangguan mental yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan fisik. Gangguan ini ditandai dengan nafsu makan yang sulit dikendalikan, hingga seseorang bisa mengonsumsi makanan secara berlebihan pada satu waktu.

“Kondisi ini lalu disertai rasa menyesal, jijik dan malu setelah mengkonsumsi banyak makanan. Dalam dunia medis ini disebut binge eating,” kata Tara. Orang yang mengidap binge eating biasanya memiliki karakter yang impulsif, memiliki obsesi berlebihan terhadap makanan, serta kontrol diri yang rendah.

“Karena tidak memiliki kemampuan untuk mengontrol pola makan, pengidap gangguan pola makan ini cenderung mengalami obesitas,” ungkap Tara. Karakteristik lain yang dimiliki oleh penderita binge eating juga berupa mengkonsumsi makanan yang lebih banyak dan lebih cepat dibandingkan kebanyakan orang. Mereka juga biasanya akan makan hingga merasa kekenyangan dan perut terasa tidak nyaman. “Seringkali mereka makan dengan sembunyi-sembunyi karena merasa malu dengan banyaknya makanan yang dikonsumsi.

“Setelah itu mereka alami depresi karena menyesal,” kata Tara. Binge eating ini diderita oleh orang dewasa, baik pria maupun perempuan.

 

Sumber : www.republika.co.id

Foto       : www.republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi