Oleh: Nanik Irawati

Legen, atau minuman yang berasal dari getah pohon siwalan bagi warga Gresik Jawa Timur tidak sekedar untuk melepaskan rasa dahaga. Karena minuman alamiah ini, juga berkhasiat untuk sembuhkan penyakit batu ginjal.Legen juga memiliki khasiat, diantaranya untuk menyembuhkan penyakit batu ginjal, juga bisa sebagai obat pencuci perut.

Meskipun legen bisa dengan mudah diperoleh di sepanjang jalan menuju kota Gresik, tetapi pohon siwalan tanaman jenis palma yang banyak tumbuh di daerah Pesisir Utara Jawa yang beriklim panas dan kering tersebut hanya terdapat di belahan utara Kota Gresik, yakni di kecamatan Panceng. Legen keluar dari pohon siwalan melalui tangkai tandan bunga yang sudah dipotong atau di iris. Sedangkan proses pembuatan legen di Panceng, tidak jauh berbeda dengan yang terdapat di daerah lain. Yang membedakan, hanya proses pembuatannya, yang alamiah, karena tanpa campuran sedikitpun. untuk memberikan aroma, biasanya hanya menggunakan daun jambu sebagai penutup bumbung.

Meski belum ada penjelasan medis mengenai khasiat legen, namun, para penikmatnya percaya jika legen mampu mengatasi penyakit batu ginjal. Saya sudah membuktikannya sendiri, pada saat itu putra dari ibu kost, namanya Bayu menderita sakit batu ginjal, setelah diperiksakan ke rumah sakit ternyata harus dioperasi. Tetapi Bayu menolak, bukan karena biayanya yang mahal, tapi karena kekhawatiran dampak pasca operasi. Akhirnya Bayu mencoba pengobatan alternatif dengan meminum legen murni.

Setelah rutin meminum selama 2-3 hari Alhamdulillah bisa sembuh dari sakit batu ginjal. Tak hanya Bayu, masih banyak lagi cerita yang lainnya, baik di Gresik, Lamongan hingga Tuban yang mengaku sembuh dari penyakit batu ginjal setelah dengan rutin mengkonsumsi legen. ***

Amil Rumah Zakat cabang Gresik