MOBIL KLINIK INDOSAT JELAJAHI PEDALAMAN KALIMANTAN BARAT

PONTIANAK. Rumah Zakat Cabang Pontianak kembali menyusuri pedalaman Kalimantan Barat bersama Mobil Klinik Sehat Keliling Indosat, Senin (20/12). Dalam aksi Siaga Sehat ini Rumah Zakat  Cabang Pontianak memberikan pelayanan kesehatan kepada 145 orang seluruh layanan dan 25 anak menerima pelayanan khitanan massal.

Kali ini Mobil Klinik Sehat Keliling Indosat memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Buluh Kuning. Kali ini Mobil Klinik Sehat Keliling Indosat melibatkan 10 personil yang terdiri dari 1 kordinator lapangan, 2 dokter umum, 2 apoteker, 2 perawat, 2 relawan, dan 1 driver Mobil Klinik Sehat Keliling Indosat. Jarak yang ditempuh untuk mencapai daerah ini adalah 450km dari Kota Pontianak. Desa Buluh Kuning merupakan daerah pedalaman di Kabupaten Sintang.

Mayoritas penduduknya terdiri dari Suku Jawa, Dayak dan Melayu. Akses masuk ke daerah tersebut sangat memprihatinkan. Tanah merah dan jalan berlubang mendominasi perjalanan memasuki Buluh Kuning Ini. Perjalanan ini memberi warna tersendiri dalam sejarah perjalanan Mobil Klinik Sehat Keliling Indosat yang telah menyusuri pedalaman Putussibau, Sintang, Sanggau, Sinkawang, Sambas dan perbatasan antara Malaysia dan Indonesia seperti Senaning.

Pada aksi Siaga Sehat bersama Mobil Klinik Sehat Keliling Indosat ini dilaksanakan pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan tumbuh kembang dan pemberian makanan tambahan kepada balita, pemeriksaan ibu hamil, penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan khitanan massal. Pada iakhir Kegiatan ini, pelayanan kesehatan di Desa Buluh Kuning mencapat 145 penerima manfaat dan 25 anak yang menerima pelayanan khitanan massal. “Terima kasih Indosat, karena masih memperdulikan kami walapun kami berada di pelosok desa” ujar warga buluh kuning.

Sampai Agustus 2010 total penerima manfaat pelayanan kesehatan Mobil Kinik Sehat Keliling Indosat ini, selama enam bulan mencapai 5.883 orang. Jumlah ini 51% melebihi target penerima manfaat yang semula hanya 3.906 orang. “Akses kesehatan masyarakat di pelosok desa-desa di Kalimantan Barat memang sangat sulit. Mobil Klinik Sehat Keliling Indosat ini adalah salah satu solusi untuk membuka akses kesehatan kepada warga pedalaman,” ujar Adi Nurdiansyah, Branch Manager Rumah Zakat Cabang Pontianak.***
Newsroom/Asrul Putra Nanda
Pontianak

Tags :
Konfirmasi Donasi