MOBIL KLINIK INDOSAT UNTUK INDONESIA

RZ LDKO CilegonYOGYAKARTA. Poin pokok MDG’s antara lain mengurangi kematian anak dan meningkatkan kesehatan ibu. Keduanya masih terus diperjuangkan di Indonesia. Kita lihat, Populasi anak cukup besar. Sekitar 35,8 persen atau 85 juta dari seluruh penduduk Indonesia adalah anak dan remaja dalam rentang usia 0-18 tahun. Sementara itu, kesehatan masih menjadi persoalan serius. Sebanyak 12 persen dari populasi anak atau kira-kira 10,2 juta anak di Indonesia rentan terkena penyakit karena infeksi, mengalami malnutrisi, atau kurang mendapat perawatan kesehatan yang layak.

Berdasarka laporan dari Oraganisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Unicef pada 2012, tiga penyakit karena infeksi paling umum yang menyerang anak-anak Indonesia adalah infeksi saluran pernapasan (batuk, flu, demam, dan radang tenggorokan), diarem serta infeksi kulit seperti cacat air dan campak.

Di sisi lain, kita sadar bahwa nak-anak adalah generasi penerus. mengingatkan bahwa masa depan ada ditangan anak-anak tersebut, masalah ini adalah persoalan lingkup nasional. Tugas bermasalah untuk sama-sama meringankan beban bangsa.

Mobil Klinik Indosat

Melihat urgennya masalah kesehatan di Indonesia, Sejak 2007 Indosat pun mengoperasikan Mobil Klinik yang menyediakan layanan kesehatan gratis untuk masyarakat yang kurang mampu. “Anak-anak yang sehat akan melahirkan generasi bangsa yang kuat. Semangat tersebut melandasi program Mobil Kliik Indosat, dalam rangka membantu pemerintah meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui bidang kesehatan. Sebagai perusahaan yang beroperasi di Indonesia sekaligus bagian dari Ooredoo Group, kami bangga dapat berperan aktif membantu memperbaiki kesehatan masyarakat Indonesia. Kami memulai kembali kegiatan ini di wilayah Yogyakarta. Kdepannya, kami rencanakan untuk seluruh wilayah Indonesia dan akan melayani tidak kurang dari 75 ribu penerima manfaat hingga akhir Desember 2014 ini,” demikian disampaikan President Director & CEO Indosat Alexander Rusli.

Layanan kesehatan Mobil Klinik Indost dilengkapi dengan alat USG, tabung oksigen, suction pump, obat-obatan, perlengkapan operasi minor, dan alat timbang bayi. Dengan berbagai perlengkapan tersebut, layanan klinik bergerak ini meliputi pengobatan gratis bagi masyarakat umum, pemeriksaan kesehatan bagi ibu hamil, posyandu bagi balita, penyuluhan dan pendidikan kesehatan, pemberian makanan tambahan balita, dan pengasapan (Fogging) apabila ada daerah yang memerlukan. Dalam situasi darurat seperti ketika terjadi bencana alam, unit-unit mobil klinik ini juga bisa dikerahkan ke daerah bencana dan memberikan layanan kesehatan dan medis untuk para korban bencana.

Kerja Sama Dengan Lembaga Masyarakat

Untuk mengoptimalkan pelayanannya, Indosat juga berkolaborasi dengan sederet LSM ternama, seperti Rumah Zakat (RZ), Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU), Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI), dan Dompet Dhuafa. Tak ketinggalan, semua kantor cabang dan regional juga membantu agar aksi lewat Mobil Klinik Indosat ini tersalurkan ke lebih banyak orang. Atas sumbangsihnya untuk masyarakat, Mobil klinik Indosat diberi beberapa penghargaan MDGs Awards, yaitu MDGs Award Goal No 5 Improve Maternal Health (2008 dan 2010) dan MDGs Award Goal No 4 Reduce Child Mortality (2009).

Warga Dukuh Ringinsari Berobat Gratis

Pada 5 September lalu, Indosat bersama induk perusahaanya Ooredoo menghadirkan Mobil Klinik Indosat bagi masyarakat Yogyakarta, khususnya di Dukuh Ringinsari yang terletak di sekitar Candi Ratu Boko. Pihak Indosat juga berkeliling mengunjungi tenda-tenda yang dipenuhi ibu dan anak yang ingin berobat serta berdialog dengan para dokter yang melayani pasien. Chairman Ooredoo Group Sheikh Abdullah Bin Mohammed Bin Saud Al Thani pun secara langsung memberikan vitamin kepada seorang anak.

Seorang pasien yang membawa anaknya ke peluncuran Mobil Klinik Indosat di Sleman, Yogyakarta, mengaku terbantu dengan hadirnya layanan kesehatan ini. Ia mengungkapkan, “Saya membwa anak saya kesini untuk berobat di Mobil Klinik Indosat. Anak saya diperiksa oleh dokter dan mendapat obat-obatan gratis. Semoga anak saya cepat sembuh.”

Komitmen Ooredoo

Dari Indonesia, program Mobil Klinik Indosat telah bergaung lebih luas. Ooredoo bersama Yayasan Leo Messi (Leo Messi Foundation) berinisiatif untuk mengimplementasikan program ini di beberapa negara lain. Sheikh Abdullah Bin Mohammed Bin Saud Al Thani menyampaikan, “Sampai saat ini Indosat telah mengoperasikan 16 Mobil Klinik indosat dan telah memberikan layanan kesehatan gratis bagi lebih 600.000 orang sejak 2007. Kami telah berkomitmen memberikan layanan kesehatan di Indonesia, Aljazair, Tunisia, dan Myanmar. Kami sangat bangga dengan ini dan berterima kasih kepada semua orang yang terlibat dalam inisiatif penting ini.” Kedepannya Ooredoo di Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia Tenggara.

Layanan kesehatan yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan tiap-tiap negara. Di Qatar, Mobil Klinik digunakan juga mempromosikan gaya hidup sehat kepada masyarakat, yang berfokus pada kaum muda dan perempuan. Di Myanmar, delapan Mobil Klinik akan beroperasi di daerah terpencil, memberikan layanan kesehatan untuk ibu hamil, serta melekukan pencegahan dan pengobatan untuk berbagai penyakit menular dan anak-anak. Di Aljazair dan Tunisia, Ooredoo akan mengerahkan Mobil Klinik ke daerah terpencil untuk memberikan layanan kesehatan.***

Newsroom/Advertorial Indosat
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi