MOBIL KLINIK TBIG DAN RZ SEDIAKAN FASILITAS USG

RZ LDKO CilegonMEDAN. Dalam upaya membantu menyehatkan warga Sumatera Utara (Sumut), mobil kesehatan keliling (Monik) disiapkan untuk layani warga Medan. Mobil klinik pertama di Medan ini, memiliki fasilatas Ultra Sonografi (USG) untuk ibu hamil, tempat persalinan ibu hamil, tensi darah, alat pacu jantung dan pertolongan pada kasus emergency. Juga bisa dipakai untuk kasus bencana.

Wiyanna, Corporate Communication Manager PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) mengatakan, mobil tersebut diutamakan dalam pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang membutuhkan terutama yang masih minim akses pelayanan kesehatan.

“Mobil ini memberi pelayanan kesehatan secara gratis untuk masyarakat di Sumut. Terutama untuk ibu-ibu hamil dan balita. Dalam mobil kesehatan ini sangat lengkap karena sudah tersedia alat-alat USG untuk ibu hamil, terutama pada ibu hamil yang kurang mampu, yang tidak bisa memeriksakan kesehatan atau kandungannya. Jadi, di mobil itu disiapkan alat USG yang dapat mendeteksi dini apabila ada kelainan pada janinnya,” katanya disela-sela peresmian Monik TBIG, Rabu (12/11/2014).

Lanjut Wiyanna, Monik ini akan dikelola oleh RZ (Rumah Zakat) cabang Medan. Monik sendiri sudah mobil keenam yang disalurkan PT TBIG melalui program CSR dibidang kesehatan, mulai dari Area Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Jawa Barat dan kini didedikasikan di area Sumut.

“Dengan adanya mobil ini diharapkan bisa untuk membantu pemerintah untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Apalagi niatnya kita ingin memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik. Karena mobil ini juga disiapkan untuk tanggap darurat untuk bencana di daerah. Karena di dalam mobil ini bisa membatu tim SAR untuk menjangkau korban bencana alam. Mengingat di Indonesia ini banyak sekali rawan bencana alam. Jadi, mobil ini siap untuk ditarik ke mana pun pada daerah yang mengalami bencana,” sebutnya seraya berkata untuk pembiayaan dari mobil ini kurang lebih sekira Rp1 miliar.

Dalam kesempatan yang sama, hadir pula Nur Efendi selaku CEO RZ yang menerangkan tentang sistem layanan mobil klinik ini, bahwa RZ bersama TBIG serta dinas kesehatan setempat telah menargetkan untuk dapat melayani sekira 7000 masyarakat setiap tahunnya. “Di mana mobil kesehatan itu setiap bulan akan berkeliling untuk menambah jumlah penerima manfaat di daerah Sumut,” ujar Nur.

Perdana, mobil ini akan langsung mengunjungi wilayah Masjid Muhtadin Jalan Kemuning, Medan Helvetia untuk melakukan aksi pemeriksaan kesehatan gratis untuk sebanyak 200 masyarakat. Tidak menutup kemungkinan, bila perusahaan semakin maju, kami akan memberikan bantuan lainnya.

Nur Efendi berharap, bahwa mobil klinik hasil kerjasama RZ dan TBIG ini dapat memberi pelayanan di 33 provinsi. Pasalnya, pihak TBIG merencanakan setiap tahun minimal 2 mobil akan diluncurkan untuk mewujudkan kesehatan masyarakat Indonesia. Seperti tahun 2014 di Medan dan Jawa Tengah.***

Sumber : okezone.com
Medan

Tags :
Konfirmasi Donasi