MOBIL SEHAT PGN BERIKAN 765 LAYANAN MANFAAT

PALEMBANG. Tim sehat Palembang bersama PGN  kembali menggelar aksi Siaga Sehat di daerah Kabupaten Muara Enim dan Kota Prabumulih. Dalam kegiatan ini tim berhasil menggelar kegiatan di 3 desa, yaitu Desa Danau Baru, Desa Modong dan Desa Muara Sungai, Kamis (29/11).

Pelayanan yang diberikan pada kesempatan ini adalah, pengobatan umum, pemeriksaan dan layananan kesehatan gigi, pemeriksaan kehamilan, pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita dan pemeriksaan tumbuh kembang balita juga penyuluhan kesehatan. Desa pertama dan kedua dilaksanakan di Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim. Daerah ini merupakan daerah perkebunan yang dilewati aliran Sungai Lematang, sebagian besar penerima manfaat di lokasi ini bermata pencaharian sebagai petani perkebunan karet. Sementara untuk golongan wanita dewasa atau para ibu sebagian besar adalah ibu rumah tangga.

Masyarakat di daerah ini paling banyak adalah Suku Melayu, beragama Islam dan tingkat pendidikan yang variatif yaitu SD/sederajat sampai dengan SMA. Desa Pertama yaitu Desa Danau Baru, lokasi kegiatan dilaksanakan di halaman rumah warga. Penyuluhan kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan sehat (PHBS) berhasil disampaikan oleh dr. Irwan Hadi Setiawan dalam kegiatan ini.

Adapun penyakit yang banyak muncul dalam kegiatan Mobil Sehat PGN ini adalah, ISPA, Rheumatik, Hipertensi, Gastritis dan Sakit mata dengan jumlah layanan sebanyak 253 Layanan Manfaat dari 170 penerima manfaat. Daerah kedua yaitu Desa Modong, kegiatan ini dilaksanakan di kantor kepala desa. Kembali penyuluhan tentang PHBS disampaikan, yang kali ini dituturkan sendiri oleh Fatma Komala selaku Program Head CSF. Adapun penyakit yang banyak muncul dalam kegiatan Mobil Sehat PGN ini adalah Rheumatik, dyspepsia, chepalgia, ISPA, gastritis dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 159 orang yang menerima 275 layanan manfaat.

Desa Ketiga yaitu Desa Muara Sungai, Kecamatan Cambai Kota Prabumulih. Lokasi Aksi Mobil Sehat PGN ini dilaksanakan di balai desa. Daerah ini merupakan daerah perkebunan, dimana sebagian besar penerima manfaat di lokasi ini adalah bermata pencaharian sebagai petani perkebunan karet. Sementara untuk golongan wanita dewasa atau para ibu sebagian besar adalah ibu rumah tangga. Masyarakat di Desa Muara sungai paling banyak adalah Suku Melayu, beragama Islam dan tingkat pendidikan yang variatif yaitu SD/sederajat sampai dengan Perguruan Tinggi. Adapun penyakit yang banyak muncul dalam kegiatan Mobil Sehat PGN ini adalah Hipertensi, Osteoartritis, ISPA, Gastritis dan Dermatitis.

Kali ini penyuluhan kesehatan disampaikan oleh dr. Azwar tentang PHBS. Dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 166 orang dan menerima 237 layanan manfaat. Dengan demikian total layanan manfaat yang diberikan dalam kegiatan Mobil Sehat PGN bulan ini sebanyak 765 layanan manfaat. “Terima kasih PGN dan Rumah Zakat, senang sekali dengan digelarnya event ini, semoga digelar lagi bulan depan biar warga sehat selalu,” ujar Cahyu (85) salah satu penerima manfaat.***

Newsroom/Fatma Komala
Palembang

Tags :
Konfirmasi Donasi