MODAL USAHA UNTUK PARA BURUH PEMBUAT EMPING MELINJO

BATANG. Selasa (08/08), Rumah Zakat beri modal usaha untuk para buruh pembuat emping melinjo di Kecamatan Limpung dan kecamatan sekitarnya seperti Kecamatan Reban, Banyuputih, Tersono dan Bawang. Emping melinjo merupakan makanan khas dari kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Sebagian besar pembuat emping adalah ibu rumah tangga dari Hampir setiap rumah di kecamatan tersebut mempunyai batu khusus yang digunakan untuk mengemping.

Sebagian besar pasar emping dikuasai oleh para tengkulak dan bos besar emping. Para ibu rumah tangga ini hanya mengambil melinjo dari para tengkulak dan menyetorkan emping yang sudah jadi kepada mereka. dan mereka hanya mendapatkan upah saja.

Seperti juga ibu romlah yang sudah bertahun tahun menjadi buruh emping. “Alhamdullillah dengan adanya bantuan modal usaha dari Rumah Zakat sekarang bisa dengan modal sendiri, sehingga keuntungan bisa lebih besar daripada hanya sekedar buruh sama tengkulak,” ungkapnya.

Diharapkam kedepannya akan ada lebih banyak buruh emping yang bisa mandiri secara modal dan tidak bergantung lagi dengan para tengkulak.

Newsroom/kuna
Batang

Tags :
Konfirmasi Donasi