OLAH RAGA UNTUK KENDALIKAN DIABETS, SIMAK TIPSNYA

olahraga-ilustrasi-_rumahzakatBagi Anda penderita diabetes, berolah raga tentu bukanlah hal yang mudah. Meski demikian olah raga teratur bila dilakukan penderita diabetes ternyata dapat mengontrol kadar gula dalam darah dan ketahanan hormon insulin. Ingin tetap bugar dan fit meski memiliki diabetes, jangan ragu untuk fitness. Inilah enam tips fitness yang perlu disimak.

1.Buatlah tujuan jangka pendek, dan jangka panjang. Tujuan jangka pendek anda dapat  dilakukan denganmembangun kenyamanan dalam tubuh Anda. Sementara, tujuan jangka panjang yakni dapat membantu mengontrol kadar gula darah Anda.

2. Pergunakan waktu dengan teman untuk fitness. Anda bisa melakukan gerakan-gerakan kecil seperti melompat kecil sebelum pergi kerja atau keluar di malam minggu.. Latihan ini dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

3. Cari teman untuk fitness bersama secara rutin. Anda dapat mengajak kerabat anda untuk secara rutin berlari keliling kompleks perumahan bersama, atau sekedar melompat kecil di pekarangan rumah Anda.

4. Coba melakukan gerakan kecil dalam waktu yang lebih lama. Misalnya, berjalan selama 30 menit setiap harinya atau menaiki tangga dan menuruninya kembali sebanyak kurang lebih 5 kali sehari. Cara ini akan membantu mengurangu intensitas kambuhnya diabetes anda.

5.Hitung langkah berjalan anda dalam satu hari.  Saat Anda berjalan, langkah itu pun sangat berguna untuk mengurangi resiko pertambahan kadar gula darah anda. Cukup dengan 2000 langkah sehari. Anda dapat menghitungnya menggunakan pedometer.

6. Jadikan fitness sebagai aktivitas yang menyenangkan. Dengan zumba, bermain ice-skating, dan menari salsa, olah tubuh dapat terasa lebih menyenangkan dilakukan.

 

Sumber : www.republika.co.id

 

Tags :
Konfirmasi Donasi