OTAK CERDAS BERMULA DARI PENCERNAAN?

otak-cerdas-ilustrasi-_rumah zakat-279Kondisi saluran cerna anak ternyata turut berperan untuk menentukan kecerdasan otak anak, kata dokter spesialis dari Divisi Tumbuh Kembang Anak RS Dr.Soetomo, Dr. Ahmad Suryawan, SpA (K).

“Untuk menyehatkan otak anak, saluran cerna juga harus sehat,” kata Ahmad Suryawan pada jumpa pers program Happy Tummy Council, di Jakarta, Senin. Ahmad Suryawan mengungkapkan bahwa otak dengan saluran cerna memiliki hubungan yang sangat erat dan memiliki komunikasi dua arah.

“Komunikasi dua arah antara saluran cerna dengan otak melalui berbagai mekanisme, saat ini dikenal dengan istilah gut-brain axis,” jelas Ahmad Suryawan.

Komunikasi ini saling mendukung proses kerja masing-masing organ. Pada otak, sinap atau sambungan antar sel otak bekerja melalui proses sinyal yang dikirim otak, jelas dia.

“Saluran cerna berfungsi tidak hanya untuk menampung nutrisi, namun juga mampu mempengaruhi sinyal di otak melalui mikrobiota usus,” ungkap Ahmad Suryawan.

Selain itu, otak juga membutuhkan energi untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik, melalui nutrisi yang diserap baik oleh saluran cerna dan dialirkan kepada otak. Sementara dari otak, neurotransmiter dapat mempengaruhi perkembangan mikrobiota usus. “Oleh sebab itu, saluran cerna yang sehat harus memiliki mikrobiota berupa kuman atau bakteri baik, supaya sinap otak juga dapat bekerja dengan baik,” tukas dia.

 

Sumber : www.republika.co.id

Foto       : www.republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi