PANEN SAMPAH JADI BUKTI KESERIUSAN WARGA HIDUPKAN BANK SAMPAH

RZ LDKO CilegonSAMARINDA. Sampah yang sudah ditampung dibank sampah sudah waktunya untuk dibawa kepengepul besar. Sampah yang menumpuk ini dirapikan terlebih dahulu oleh para pengurus untuk memberi kemudahan bagi pengepul pada saat pengangkutan. Meskipun tempatnya adalah bank Sampah, tetapi tidak terlihat seperti tumpukan sampah karena para pengurus sangat menjaga kebersihan dan kerapian bank sampah.

Pemilahan sampah tidak begitu rumit dilakukan oleh pengurus bank sampah pada saat penyetoran sampah ke pengepul besar. Kecekatan ibu-ibu ini sudah terlatih pada saat penimbangan tiap pekannya. Biasanya, setelah penimbangan langsung peroses pemilahan, sampah yang sudah diklasifikasikan di masing-masing jenisnya langsung dimasukan kedalam karung dan diikat dengan sangat rapi.

Sampah yang akan disetor kepengepul ini ditimbang kembali terlebih dahulu, karena pengepul sudah memberi kepercayaan kepada pihak bank sampah untuk melakukan penimbangan terlebih dahulu meskipun tanpa dihadiri oleh pengepul itu sendiri, sehingga pengepul hanya tinggal melakukan pembayaran saja.

“Semakin banyaknya sampah yang dapat ditampung semakin membuktikan bahwa antusias warga mengikuti kegiatan ini semakin meningkat tiap bulannya,” ujar Ritawati, ICD Fasilitator Sidodadi, (17/05) .***

Newsroom/Yosef F
Samarinda

Tags :
Konfirmasi Donasi