PEDULI AKAN LINGKUNGAN, YAYASAN MASJID NUSANTARA BERSAMA RZ BANGUN ECO MASJID DI SUMEDANG

PEDULI AKAN LINGKUNGAN, YAYASAN MASJID NUSANTARA BERSAMA RZ BANGUN ECO MASJID DI SUMEDANGSUMEDANG. Isu peduli lingkungan telah menjadi Isu di Dunia Internasional dalam menghadapi tantangan Global Warming. Tidak terkecuali masjid sebagai tempat ibadah ikut mengambil peran dalam isu peduli lingkungan tersebut. Yayasan Masjid Nusantara (YMN) bersama RZ berkolaborasi membangun Eco Masjid di Daerah Sumedang Jawa Barat. Eco Masjid adalah program pemberdayaan masjid dalam tata kelola yang ramah lingkungan, bersih, suci dan sehat.

“Pembangunan Masjid Al-Hidayah Desa Cimanggung Kab. Sumedang ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi masjid-masjid lain dalam tata kelola masjid yang ramah lingkungan,” ucap Direktur YMN, Bapak Hamzah. “Air wudhu yang digunakan jama’ah Masjid Al-Hidayah nantinya tidak akan terbuang sia-sia, karena akan kita alirkan ke kolam ikan di halaman Masjid. Kemudian kolam ikan ini akan kita sewakan kepada para pemancing dimana hasil sewanya nanti akan kita kelola sebagai dana Kas Masjid untuk melakukan aktifitas keagamaan,” Lanjutnya.
“Dan Air yang dikolam ikan tersebut bila ingin dikuras atau dikurangi juga tidak akan terbuang sia-sia, karena air tersebut akan dialirkan ke sawah-sawah penduduk sekitar. Jadi kebermanfaatannya terus berkelanjutan.” pungkas Bapak Hamzah.

Rencananya di bulan April tahun 2016 ini, YMN bersama RZ akan meresmikan Masjid Al-Hidayah Desa Cimanggung Kab. Sumedang sebagai Eco Masjid pertama yang dikelola.

Newsroom/Hamzah Fatdri
Sumedang

Tags :
Konfirmasi Donasi