PEDULI SOMALIA SISWA SD JUARA GALANG DANA

YOGYAKARTA. Bertempat di kawasan nol kilometer Kota Yogyakarta atau di depan Kantor Pos Besar Yogyakarta, sebanyak 75 Siswa SD Juara Yogyakarta bersama Guru menggelar “Aksi Peduli dan Galang Dana untuk Somalia” Jumat (14/10). Acara yang berlangsung mulai pukul 07.00 WIB tersebut berlangsung dengan lancar. Sri Ummiyati melaporkan bahwa sehari sebelumnya siswa SD Juara diputarkan film Somalia, dari situ anak-anak berkeinginan membantu warga Somalia.

Sri menuturkan anak-anak sangat antusias dalam kegiatan tersebut. “Sebagian siswa menggalang dana dari masyarakat Yogyakarta yang lewat di Perempatan Kantor Pos Besar, sementara anak yang lainnya memegang spanduk, rontek bertemakan bantuan untuk Somalia,” ujar Sri. Sri juga menambahkan bahwa dalam aksi tersebut kelompok perkusi SD Juara menunjukkan kemampuannya memainkan rebana untuk meramaikan aksi. Budi Hadiastuti, S.Pd, selaku Kepala Sekolah SD Juara berharap melalui “Aksi Peduli Somalia” yang digelar ini akan menumbuhkan rasa simpati dan empati siswa untuk membantu saudara muslim di Somalia yang saat ini sangat membutuhkan uluran tangan kita.

“Meskipun mereka juga dari kalangan keluarga yang terbatas, kita latih juga untuk peduli terhadap nasib sesama,” harap Budi. Rencananya dana yang terkumpul cukup banyak dan akan disalurkan lewat Rumah Zakat untuk disampaikan pada lembaga kemanusiaan yang mempunyai misi di Somalia.

Dona salah seorang siswa yang dikenal ekspresif mencurahkan empatinya dengan bersemangat mengumpulkan dana dari warga yang melintasi kawasan Kantor Pos. “Kasihan mereka gak punya baju dan gak bisa makan. Nanti aku mau bantu bawakan beras dan pakaian buat mereka ya bu,” kata Dona.

Tak jauh berbeda dengan Dona, Eka Putri ikhlas menguras tabungannya untuk membantu Somalia. “Subhanallah ternyata ditengah keadaan mereka yang kurang mampu, mereka masih menyisihkan harta untuk Somalia. Semoga Allah SWT menggantikan dengan yang berlipat ya nak Amin,” ungkap Budi. ***

Newsroom/Muhammad Zahron

Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi