PELATIHAN CPTS UNTUK BUMIL DI KELURAHAN SEMAMPIR

RZ_bumil CTPSKEDIRI. RZ cabang Kediri menggelar Pelatihan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) bagi ibu hamil di Kelurahan Semampir, Kecamatan Kota, Kota Kediri sebagai peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Se-dunia, Rabu (2/10).

Pelatihan yang diselenggarakan di Pustu Semampir ini diikuti oleh 10 Penerima Manfaat yang dikemas dalam materi kelas Ibu Hamil binaan RZ. Salah satu alasan pemilihan ibu hamil sebagai peserta adalah praktek CTPS terbukti menurunkan hampir separuh penyakit diare, seperempat kasus Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), mencegah infeksi kulit, dan mata. Sehingga, kesehatan ibu hamil lebih terjamin, alhasil proses persalinan pun dapat menjadi normal dan bayi dapat lahir dengan selamat.

Materi pelatihan CTPS ini adalah tentang alur penularan penyakit, komponen, dan teknik CTPS. Peserta sangat antusias dengan pelatihan ini, dengan hati-hati mereka berusaha melakukan CPTS dari 0 – 11 langkah CTPS yang disarankan World Health Organization (WHO). Meskipun awalnya nampak kaku, namun setelah mencoba beberapa kali, akhirnya mereka bisa luwes mempraktikannya.

Setelah mendapatkan pelatihan CTPS, harapannya para peserta dapat mengajak anggota keluarga yang lain untuk melakukan CPTS. “Saya menjadi tahu cara cuci tangan yang benar, terima kasih RZ atas pelatihannya,” ungkap salah satu Penerima Manfaat ibu Saritem yang sedang hamil 7 bulan.***

Newsroom/Derajat Prasojo
Kediri

Tags :
Konfirmasi Donasi