PELATIHAN KULINER BERBASIS POTENSI LOKAL

BANDUNG. Dalam proses memandirikan sebuah komunitas masyarakat, maka satu hal yang sangat penting adalah mengetahui terlebih dahulu potensi lokal yang ada sehingga dapat memanfaatkan potensi lokal yang ada di wilayah tersebut. Rumah Zakat sebagai lembaga Filantropi Internasional berbasis pemberdayaan yang profesional bekerja sama dengan PT WIKA yang mempunyai kepedulian terhadap pemberdayaan lingkungan melaksanakan program Desa Binaan di Mega Mendung Bogor berupa pelatihan cake house, keterampilan payet, revitalisasi PAUD, Budidaya Agro dan siaga sehat promotif.

Kegiatan ini digelar Minggu ( 19/2 ) bertempat di Kampung Pasir Angin, Desa Cipayung Datar, Kabupaten Bogor. Dalam event ini digelar pelatihan cake house dengan memanfaatkan kuliner khas lokal Bogor. Pelatihan ini diikuti oleh 10 orang warga binaan desa Pasir Angin dengan mendatangkan instruktur dari Bandung yaitu Ibu Teti seorang entrepreneur yang bergerak di bidang kuliner dan juga membawahi Asosiasi UKM se-Kota Cimahi.

Dalam pelatihan cake house ini, para peserta memanfaatkan sayuran dan makanan khas lokal Kabupaten Bogor dengan memanfaatkan bahan dasar sayuran wortel, buah pisang dan tape khas Bogor yang dipadukan dengan bahan-bahan dasar pembuatan kue yaitu terigu, telor dan bahan-bahan lainnya sehingga dari pelatihan ini dapat menghasilkan kue jenis poncake dengan beraneka rasa sayuran dan buah-buahan.

Selain pelatihan membuat kue, dalam pelatihan ini juga diberikan pengarahan terkait pengemasan produk yang standar dan unik agar produk yang dihasilkan oleh kelompok usaha ini dapat diterima dipasaran dan bernilai jual tinggi. Dalam pengarahan kemasan produk ini difokuskan untuk produk lokal yaitu Keripik Talas Baltung khas Bogor. Harapan ke depan setelah pelatihan ini berlangsung, kelompok usaha ini sudah mempunyai produk kuliner baik kue basah maupun kering yang siap bersaing di pasaran Indonesia, khususnya menjadi produk unggulan di Bogor yang terkenal sebagai Kota Pariwisata.***

Newsroom/Akhmad Nur Rahmadian
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi