PELATIHAN MAKRAME UNTUK MENCEGAH DEMENSIA PADA LANSIA

YOGYAKARTA. (05/02) Cita Sehat Foundation sebagai salah satu NGO yang concern melakukan pendampingan pada lansia bersama Rumah Zakat mengadakan pelatihan membuat tas dari bahan tali kur atau sering disebut dengan Makrame untuk para lansia di komunitas Lansia Centre Permata.

Bertempat di Lansia Centre Permata Desa Madurejo  Prambanan Sleman, pelatihan yang sangat efektif untuk latihan otak ini  dibagi kedalam tiga gelombang yaitu pada tanggal 23, 26 dan 30 Januari. Masing masing gelombang diikuti oleh 10 sampai 15 lansia dan kader penggerak lansia dari Desa Madurejo dan Desa Jogotirto.

“Pelatihan ini ditujukan sebagai ikhtiar untuk pencegahan demensia pada lansia juga diharapkan bisa menjadi salah satu sumber penghasilan para lansia,” ujar Tri Kaesi, Fasilitator Rumah Zakat.

Pemateri dari pelatihan ini adalah Ibu Tutik salah satu lansia dari komunitas Lansia Cantre Permata yang selama ini hasil karyanya telah ikut dalam berbagai pameran dan dipasarkan secara online.

“Awalnya sulit, berkali kali salah, berkali kali bongkar, kuncinya sabar dan tidak menyerah. Setelah bisa ternyata sangat menyenangkan” tutur ibu Santoso salah satu lansia.

Pelatihan membuat aneka tas dari bahan talikur ini selain ditujukan sebagai ikhtiar untuk pencegahan demensia pada lansia juga diharapkan bisa menjadi salah satu sumber penghasilan para lansia. Tas hasil karya para lansia akan menjadi salah satu icon produk Lansia Centre Permata yang bernilai jual tinggi.

Komunitas Pengusaha Jogja Jawa Tengah yang digawangi Ustadz Ahmad Nur Umam nantinya siap membantu pemasaran aneka tas hasil produk lansia dengan memanfaatkan jaringan pengusaha di seluruh Indonesia.

Newsroom/ Lailatul Istikhomah

Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi