RZ_sampah_berkah22CILEGON. Pernahkah kita berfikir diperlukan waktu yang sangat lama dan bertahun-tahun bagi mikroorganisme untuk mengurai sampah plastik hingga aman bagi lingkungan. Mengatasi masalah palstik ini, sejumlah ibu rumah tangga di Kelurahan Bulakan Cibeber mendapatkan pelatihan kerajinan tangan dari bahan sampah plastik yang diselenggarakan oleh Rumah Zakat bekerjasama dengan Baitul Maal Krakatau Stel Group, Senin (22/4).

Pelatihan yang diikuti oleh 28 Penerima Manfaat ini  berlangsung selama empat hari terdiri dari 2 kelompok, mulai dari Senin (22/4) hingga Kamis (25/4) yang digelar di Aula Kelurahan Bulakan Cibeber. Dalam acara  pembukaan yang dipandu oleh Micro Business Officer Humaedi memaparkan tentang program-program Rumah Zakat. Sambutan lain pun disampaikan oleh perwakilan BMKS group, “Kami ingin mengajak masyarakat untuk peduli terhadap pengolahan sampah plastik menjadi barang yang bisa dimanfaatkan dan bernilai serta menjadikan masyarakat kreatif,” ungkap Ketua BMKS Group Muhamad Najib dalam sambutannya.

“Kami sangat mendukung program  yang digarap oleh Rumah Zakat dan Baitul Maal Krakatau Stel Group, karena sangat membantu warga kami untuk lebih terampil,” tutur Kasi Pemberdayaan Kelurahan Bulakan Syarifudin SE.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan penyuluhan sekaligus motivasi tentang Pembenahan Lingkungan yang disampaikan oleh Ketua KSM Anna Dhofa dan anggota Forum Kota Cilegon Sehat Sasminto. Kegiatan ini semakin menarik dengan digulirkannya praktek pengolahan limbah plastik oleh  Narwiyah sebagai instruktur dari Rumah Zakat.

Para peserta kegiatan diajarkan beberapa tahap cara membuat kerajinan tangan berbahan limbah plastik, mulai dari pemotongan plastik, dan menjahitnya dari limbah tersebut, sehinga dari pelatihan ini dapat menghasilkan kerajinan tangan yang menarik dan bernilai tinggi seperti dompet, tas laptop dan lainnya.***

Newsroom/Humaedi
Cilegon