PEMBERDAYAAN USAHA KREMES UBI

JAKARTA. Terdapat sebuah kelompok pemberdayaan Rumah Zakat yang terletak di Jl Kenangan, RT 2/RW 9 Kelurahan Rempoa, Kecamatan Pondok Aren. Anggota kelompok ini berjumlah 10 orang. Mereka menamakan diri kelompok ini KUWAT 29 (Kelompok Usaha Wanita RT 2/Rw 9). Kelompok ini merupakan kelompok pemberdayaan Rumah Zakat dan P&G yang bidang usahanya memproduksi Kremes Ubi. Sebuah jajanan tradisonal yang saat ini sudah langka dibanding masa sebelumnya.

Kremes Ubi dipilih sebagai produk karena mereka menginginkan kembali jajanan-jajanan tradisonal yang dahulu pernah disukai masyarakat kembali menjadi primadona. Saat ini hampir semua anak belum pernah mengenal kremes ubi, karena begitu banyaknya produk jajanan pabrikan yang belum tentu menyehatkan. Berbekal ingatan tentang jajanan kremes ubi tersebut ditambah masukan dari orang-orang tua mereka akhirnya mereka mencoba resep tersebut. Awalnya memang tidak terlalu enak seperti sekarang, tapi karena banyak warga yang menyukainya habislah produksi perdana ketika produk ini dijual.

Setelah cukup banyak warga yang mengenal produk ini, makin hari produksi semakin ditingkatkan. Saat awal baru memproduksi 3kg ubi merah menghasilkan 70 bungkus, saat ini sudah memproduksi 20kg ubi merah menghasilkan 300 bungkus. Harga Jual Rp 1000/bungkus ke konsumen, untuk produk yang dijual di warung seharga Rp 800/bungkus. Selama sepekan kelompok ini berproduksi 3 kali di hari Selasa, Rabu, dan Jumat sehingga dalam sepekan dapat memproduksi 1000 bungkus/pekan. Target kelompok ini untuk memproduksi 20.000 bungkus/bulan sehingga anggota bisa mendapatkan hasil yang cukup memuaskan.***

Newsroom/Pras Purworo
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi