PEMICUAN PHBS DI KELURAHAN DANDANGAN

RZ_pemicuahn phbsKEDIRI. Pemerintah Kelurahan, dan Masyarakat RW X Kelurahan Dandangan bersama Rumah Zakat cabang Kediri menggelar kegiatan pemicuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Event ini  digelar  Selasa (21/5) hingga Rabu (22/5), dan dihadiri oleh Kasi Promkes, Sanitarian dari Puskesmas Balowerti, perwakilan dari PKK, Kader Posyandu, dan tokoh masyarakat RW X.

Kegiatan ini merupakan rangkaian upaya-upaya pemicuan yang dilakukan oleh Rumah Zakat yang didampingi oleh Cita Sehat Foundation. Sebelum dilakukan pemicuan PHBS, telah dilakukan survey PHBS dan rumah sehat sebagai pembuktian adanya penyakit di wilayah tersebut.

Proses pemicuan diawali dengan pemaparan hasil survei PHBS dan rumah sehat yang dikaitkan dengan terjadinya penyakit di wilayah ini. Kemudian rencana tindak lanjut diserahkan kepada masyarakat. Ada beberapa rencana tindak lanjut yang diambil oleh masyarakat dari hasil pemicuan diantaranya: olahraga bersama dua pekan sekali, penyuluhan PHBS dan rumah sehat di berbagai kegiatan social keakraban. Nantinya, penyuluhan ini akan dilakukan oleh kader setempat yang akan diberikan pelatihan terlebih dahulu.

Selanjutnya, masyarakat juga merencanakan pendirian bank sampah sebagai wahana pengelolaan sampah, sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan pilah sampah kepada anak-anak di sekolah yang ada di Dandangan. Pengimplementasian rencana tindak lanjut tersebut dibutuhkan tenaga ekstra untuk mengajak orang menjalani hidup bersih dan sehat (PHBS). Pasalnya, masyarakat perkotaan, belum sepenuhnya terbiasa menjalani pola hidup sehat yang dihadapkan dengan kultur social budayanya serta wilayah yang padat dan sempit, minim ruang terbuka.

“Tidak mudah mengubah perilaku masyarakat untuk hidup lebih sehat. Butuh proses untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya kesehatan serta mengidentifikasi persoalan wilayah,” tutur Prasojo, Programer Senyum Sehat Rumah Zakat cabang Kediri seusai pemicuan.***

Newsroom/Derajat Prasojo
Kediri

Tags :
Konfirmasi Donasi